3 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak - Baterai laptop merupakan bagian komponen perangkat keras yang sangat penting untuk menyimpan daya atau tenaga agar laptop tetap dapat digunakan meski tanpa terhubung dengan aliran listrik. Merawat baterai laptop perlu dilakukan dengan rutin secara benar agar bertahan lama dan tidak mudah jebol atau rusak. Ketika baterai laptop bermasalah maka dapat menghambat kelancaran dalam bekerja sebab lama waktu penyimpanan energi yang semakin berkurang dan akan merepotkan ketika kita berada jauh dari colokan saat menggunakan laptop.

Pada umumnya umur rata-rata baterai laptop yaitu antara dua sampai empat tahun dan mampu bertahan tanpa charger antara dua sampai lima jam setelah dilakukan pengisian penuh terhadap baterai, terhitung mulai dari mencabut adaptor pengisian daya. Jika tidak lakukan perawatan baterai laptop setiap saat, suatu saat nanti baterai kita menjadi cepat habis dan akan rusak dalam jangka waktu yang cepat. Saat kerusakan baterai laptop terjadi, maka anda diharuskan untuk mengganti dengan baterai laptop yang baru.

Tips Merawat Baterai Laptop dengan Baik


Langkah-langkah berikut ini dapat membantu untuk mengurangi tingkat penurunan kinerja baterai laptop dan menjaganya agar tetap maksimal sejak awal membeli laptop

Cabut Charger Saat Baterai Penuh


Mencabut charger laptop ketika pengisian baterai telah penuh merupakan tindakan perawatan yang sangat mudah dilakukan setiap saat tetapi masih saja pengguna laptop yang melalaikan ini. Saya sering melihat orang-orang tidak melepaskan charger meskipun baterai telah 100%. Apa lagi saat sedang bekerja, main game atau menonton.

Baterai laptop yang telah penuh saat pengisian daya harus segera dicabut, jika hal ini sering terjadi maka dapat mengurangi waktu rata-rata lama penggunaan baterai laptop sehingga mempersingkat waktu pemakaian yang sebenarnya. Akhirnya baterai laptop akan cepat cebol bahkan rusak.

Perhatikan Suhu Baterai


Kita masih sering menggunakan laptop dengan meletakkan di atas sofa, tempat tidur dan bantal. Jangan lakukan kebiasaan itu karena baterai laptop tidak dapat melepaskan panas secara baik sehingga suhu baterai akan sangat panas. Suhu baterai yang panas melebihi panas normal akan mengurangi kapasitas baterai. 

Letakkan laptop pada posisi dimana sirkulasi udara bagian bawah tidak terhambat, misalnya di meja atau di lantai. Perhatikan juga lubang angin kipas laptop agar tidak kotor atau terhalang oleh debu sehingga aliran panas laptop yang dilepas keluar menjadi maksimal.

Hindari Baterai dari Tegangan Tinggi


Tegangan tinggi dapat membuat perangkat mudah rusak sehingga ada sebagian orang yang menggunakan alat pengontrol tegangan seperti UPS dan Stabilizer atau sering juga disebut stavol. Ketika melakukan pengisian daya baterai perhatikan juga tegangan listrik apakah stabil atau tidak agar tidak berdampak buruk pada baterai laptop anda. Jika di rumah atau kantor memiliki pengontrol tegangan, alangkah baiknya digunakan demi menjaga baterai laptop tidak cepat rusak.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Baterai laptop yang terganggu dapat juga membuat pekerjaan kita terhambat. Disebabkan oleh kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dengan tidak merawat baterai laptop setiap hari. Oleh karena itu, mulai saat ini rawatlah baterai laptop anda dengan sebaik-sebaiknya. Merawat baterai laptop bukanlah pekerjaan yang sulit, hanya butuh dilakukan setiap hari selama kita selalu menggunakan laptop.

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel