5 Cara Atasi HP Android yang Lemot Saat Digunakan

Cara Atasi HP Android yang Lemot Saat Digunakan - Hampir semua pengguna handphone di Indonesia saat ini sudah menggunakan HP pintar atau android, bukan saja orang-orang dewasa tapi remaja dan sebagian anak-anak juga gemar menggunakan android untuk bermain video dan menonton youtube bertema anak-anak. Pengguna HP android akan sering kesal ketika HP lemot atau lama loading saat sedang aktif menggunakan HP untuk mengirim pesan wahtsapp, pesan messenger dan akses internet. Saya sering menyebutnya kecepatan gerak dan otak mengalahkan kecepatan internet.

Sering teman-teman saya meminta bantuan ketika HP android mereka mengalami lemot, masalah yang sering mereka alami yaitu sangat lambat ketika membuka internet di HP mereka. Jadi ada beberapa cara yang saya lakukan agar membantu HP mereka tidak lemot atau lambat loading.

Masih banyak pengguna HP android yang sering lalai atau tidak menjaga pemakaian HP mereka sehingga ada penumpukan atau penggunaan memori HP yang berlebihan.

Cara Atasi HP Android yang Lemot


Pada dasarnya mudah saja mengatasi HP android yang lemot hanya saja masih banyak pengguna HP android yang masih awam akan hal ini.

1. Hapus gambar dan video yang tidak penting


Anda pasti sering melakukan simpan foto dan video secara otomatis di aplikasi whatsapp, makanya semua video dan gambar yang dikirm ke grup whatsapp atau ke anda akan tersimpan di HP. Jadi, silahkan hapus gambar termasuk foto dan video yang tidak penting agar tidak memakan ruang penyimpanan memori HP dan itu akan menyebabkan HP lemot.

Cara hapus gambar dan foto :

Buka galeri HP dan lihat foto dan gambar di folder-folder penyimpanan, ada folder penyimpanan untuk whatsapp, facebook dan folder dari HP sendiri seperti gambar dan video yang diambil langsung menggunakan HP.

Baca juga : Cara Menggunakan WhatsApp (WA) Melalui Laptop Sambil Bekerja

2. Simpan hasil foto dan rekaman video di SD Card


Biasanya kita lupa membuat pengaturan penyimpanan sehingga masih tersimpan di memori HP. Bagi anda yang memiliki kartu memori atau SD card, perlu melalukan pengaturan lokasi penyimpanan di kartu memori bukan di memori HP.

Agar semua hasil foto dan rekaman video anda tersimpan di kartu memori dan tidak membuat penuh memori HP yang mengakibatkan HP lemot.

Cara setting penyimpanan di HP android :

Buka kamera dan rekaman video, lalu masuk ke pengaturan. Pilih lokasi penyimpanan ke SD Card.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan lagi


Kita sering memasang atau menambah aplikasi di HP android karena kebutuhan tertentu. Namun, kita juga sering lupa untuk menghapusnya kembali ketika sudah tidak digunakan lagi. Akibat dari banyaknya aplikasi di HP sehingga memicu akses atau proses kerja HP yang lambat. Solusinya yaitu hapus aplikasi-aplikasi di HP android yang tidak digunakan lagi dan biarkan aplikasi yang masih sering anda gunakan.

Cara Atasi HP Android yang Lemot Saat Digunakan

Cara cepat hapus aplikasi di HP android :

Tekan tahan aplikasi yang akan dihapus, akan muncul menu hapus di layar HP. Geser aplikasi tersebut ke menu hapus yang muncul.

Baca juga : Cara Hapus (Uninstall) Aplikasi Apa Saja Dari di Laptop Melalui Sistem Windows

4. Hapus riwayat jelajah (cache) internet


Penggunaan internet di google chrome, firefox dan aplikasi akses internet yang lain memiliki penyimpanan riwayat jelajah atau cache yang dapat juga memakan ruang penyimpanan internal sistem android dan akibatnya dapat membuat HP android anda menjadi lemot.

Hapus semua riwayat jelajah internet, biasanya saat mengapus akan tersedia pilihan saat ini, kemarin dan bulan kemarin. Pilih saja hapus semua riwayat agar semua cache terhapus dan HP android anda menjadi lebih ringan dan tidak lemot.

Cara hapus riwayat jelajah di HP :

Buka google chrome dan firefox, klik tanda titik tiga di kanan atas, pilih riwayat/histori dan hapus keseluruhan waktu.

5. Hindari gambar latar bergerak


Kebanyak orang masih suka menggunakan gambar latar bergerak atau animasi yang bergerak padahal tanpa disadari gambar bergerak juga banyak menggunakan daya HP dan dapat menganggu kelancaran proses atau kerja HP. Apa lagi jika HP anda hanya memiliki spesifikasi standar atau rendah. Jadi wajar saja jika HP anda lemot. Oleh, karena itu hindari pemakain gambar latar bergerak atau animasi bergerak.

Demikan cara mudah mengatasi HP android yang lemot atau lambat loading, jadi anda tidak perlu membawanya ke tempat service jika dapat mengatasinya secara langsung dengan cara-cara mengatasi HP lemot di atas.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Atasi HP Android yang Lemot Saat Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel