5 Tips Menghadapi Interview Kerja Agar Lulus (Semua Bidang)

Tips Menghadapi Interview Kerja Agar Lulus - Interview atau wawancara kerja merupakan bagian dalam tahapan proses perekrutan karyawan atau pegawai pada sebuah perusahaan yang melakukan perekrutan tenaga kerja. Dalam menghadapi wawancara kerja, pertanyaan yang biasanya ditanya lebih mengarah ke pertanyaan teknis dan bagaimana cara kita mengerjakan atau menyelesaikan suatu masalah-masalah saat bekerja sedang pertanyaan yang bersifat teori hanya sebagian kecil.

Pengalaman beberapa kali mengikuti wawancara pada sebuah perusahaan dan instansi pemerintahan, ada beberapa tema pertanyaan yang paling sering ditanyakan yaitu pengalaman kerja dan pendapat terhadap suatu permsalahan tertentu baik secara umum maupun berhubungan dengan pekerjaan yang akan dijalankan jika lulus.

Sebagai bagian dalam perekrutan tenaga kerja, wawancara juga termasuk penentuan seseorang dapat lulus tes masuk kerja atau tidak. Jadi, perlu persiapan yang maksimal sebelum menghadapi tahapan tes wawancara agar berpeluang besar untuk lulus dan diterima bekerja pada perusahaan.

Lebih baik berkeringat sebelum berjuang dari pada berkeringat saat berjuang, pepatah ini sering kali saya dengar. artinya bahwa lebih baik berkeringat saat persiapan mengikuti tes wawancara dari pada berkeringat saat wawancara sedang berlangsung. Jadi persiapan menjadi faktor yang dapat menentukan lulus atau tidak.

Tips Menghadapi Interview Kerja Agar Lulus


Ada beberapa tips interview atau wawancara pekerjaan yang perlu dilakukan agar nantinya berpeluang besar untuk lulus dan mampu bersaing dengan peserta tes lainnya :

1. Datang tepat waktu


Panitia perekrutan pasti memberikan informasi waktu dan tempat dimana akan dilakukan wawancara kerja yang anda lamar. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa orang yang akhirnya gagal mengikuti wawancara kerja karena terlamabat hadir di lokasi.

Pintarlah dalam mengatur waktu, jadi sebaiknya hadir di tempat interview 30 menit atau 1 jam sebelum pelaksanaan wawancara. Jangan sampai kita gagal hanya karena terlambat dan itu sangat memalukan.

Manfaat datang lebih awal yaitu kita dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan tempat wawancara. Selain itu, kita bisa saling menyapa dengan perserta lain sambil sedikit berdiskusi terkait pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan saat wawancara.

2. Belajar tentang bidang tes anda


Jangan pernah lupa untuk belajar sebab itulah modal dasar anda saat menghadapi wawancara. Belajar tentang bidang pekerjaan anda. Misalnya anda melamar kerja pada perusahaan jalan, berarti anda harus belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan jalan, mulai dari pertauran-peraturan dan mekanisme pekerjaan di lapangan serta kendala yang sering terjadi termasuk cara menyelesaikannya. Hal yang sama berlaku untuk semua bidang pekerjaan yang anda lamar.

Banyak sekali materi-materi yang tersedia di internet dan bisa anda akses untuk belajar lebih banyak lagi. Dengan banyak pengetahuan tentang bidang pekerjaan yang diwawancara, anda akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara.

Jika ada teman anda yang sama-sama mengikuti seleksi tes, ajaklah untuk belajar bersama. Dengan belajar bersama kita dapat saling berbagi pengetahuan lewat diskusi-diskusi kecil saat belajar.

3. Lakukan uji coba wawancara


Cari teman anda yang sama-sama mengikuti seleksi jika ada atau teman belajar anda seperti pada tips nomor 2 di atas. Kemudian lakukan uji coba wawancara, misalnya teman anda bertanya tentang apa saja terkait bidang pekerjaan yang dia ketahui lalu anda menjawab. Selanjutnya lakukan lagi hal yang sama, anda bertanya dan teman menjawab.

Tips Menghadapi Interview Kerja Agar Lulus (Semua Bidang)

Meskipun uji coba ini terlihat biasa-biasa saja tapi anda sudah belajar bagaimana menjelaskan terkait pekerjaan yang nantinya dijalankan dan dapat mengukur sampai dimana kemampuan anda yang berhubungan dengan perkejaan yang akan dijalankan.

4. Fokus menghadapi wawancara kerja


Fokus yang saya maksudkan yaitu jangan sibuk dengan urusan lain selain persiapan untuk menghadapi wawancara karena ketika konsentrasi kita terbagi maka kita akan kurang fokus dengan belajar.

5. Berdoa sebelum wawancara


Ini merupakan tips umum untuk segala aktivitas, namun perlu juga untuk saling mengingatkan kembali. Jangan lupa berdoa dan beribadah selama proses tes berlangsung dan saat akan mengadapi tahapan wawancara sebab usaha dan doa harus dilakukan secara bersama.

Demikin tips-tips menghadapi interview atau wawancara kerja agar berpeluang lulus yang dapat saya bagikan, semoga mampu dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga anda menjadi salah satu peserta tes yang lulus mengikuti seleksi dalam melamar pekerjaan.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Menghadapi Interview Kerja Agar Lulus (Semua Bidang)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel