4 Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan Dengan Mudah

Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan Dengan Mudah - Pada tulisan ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara belajar yang baik agar cepat mengingat nama ilmiah tumbuhan dengan mudah, terutama bagi siswa atau mahasiswa yang belajar tentang tumbuhan dan tanaman. Mengapa saya mengatakan mengingat bukan menghafal ? sebab prinsip belajar nama tumbuhan sebaiknya hindari untuk menghafal karena semakin banyak anda menghafal nama ilmiah tumbuhan maka anda akan lupa nama yang lain yang telah anda hafal. Semakin banyak anda hafal semakin banyak pula anda lupa.

Baca juga : Apa Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman ? Jangan Salah Sebut

Kemampuan manusia untuk menghafal sesuatu berbeda-beda dan ada batas maksimumnya itulah mengapa dalam mempelajari nama-nama ilmiah tumbuhan dianjurkan untuk tidak menghal tapi mengingat. Loh apa bedanya menghafal dan mengingat ? menghafal anda hanya akan mengingat-ingat namanya saja tapi kita harus mengingat apa ciri khas dari tumbuhan tersebut atau disebut karakter kunci tumbuhan. Dengan mengingat karakter kunci setiap tumbuhan maka secara mudah namanya tumbuhan tersebut dapat kita ketahui tanpa harus hanya menghafal namanya saja.

Misalnya seperti tumbuhan Ketapang (Terminalia catappa) yang memiliki ciri khas percabangan vertikal dengan daun yang lebar dan agak bulat. Ketika melihat tumbuhan ketapang dari jauh dengan memahami ciri khas tersebut kita akan dapat mengetahui bahwa itu adalah Ketapang denga karakter kunci tersebut. Termasuk juga dengan pengenalan tumbuhan yang lain.

Sistem penamaan nama tumbuhan di menggunakan binomial atau dua kata yang diperkanlkan oleh Carolus Linnaeus. Penulisan nama ilmiah tumbuhan diawali dengan Genus lalu nama spesis contoh Terminali (nama genus) catappa (nama spesis) dan yang menambahkan inisial nama penemu jenis tumbuhan seperti Sengon (Paraserianthes falcataria (L.). 

Penulisan nama ilmiah tumbuhan pada digaris bawahi atau dibuat miring. Biasanya ketika orang mengetik nama ilmiah di komputer/laptop mereka akan menulis dengan huruf miring dan ketika mengetik di mesin ketik mereka akan garis bawahi akan tetapi anda tahu sendiri saat semua telah menggunakan laptop atau komputer sebagai bentuk perkembangan teknologi.

Cara Mudah Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan


Ada beberapa cara yang sering saya lakukan untuk dapat lebih mudah mengingat nama ilmiah tumbuhan sebagai bidang keilmuan saya saat menjadi mahasiswa, bahkan sampai sekarang.

1. Pelajari Buku Tumbuhan


Dasar utama yang harus dilakukan untuk cepat mengingat nama tumbuhan adalah mempelajari buku tumbuhan secara umum atau buku taksonomi dan morfologi tumbuhan secara khusus. Buku taksonomi dan morfologi tumbuhan merupakan buku yang khusus membahas secara detail tentang sistem penamaan dan ciri-ciri tumbuhan. Lebih jauh lagi anda juga dapat mempelajari tentang karakter kunci jenis tumbuhan yang telah dibuat dalam bentuk daftar yang terperinci.

2. Jangan Dihafal


Kita harus dapat membedakan antara mengingat dan menghafal, jadi disini kita akan mengingat karakter kunci dari pada jenis-jenis tumbuhan karena ketika mengenal ciri khas tersebut kita akan dengan mudah mengingat namanya ilmiah tumbuhan tersebut.

Contoh lain misalnya anda berkenalan dengan seseorang di sebuah acara, orang tersebut memiliki karakter kunci yaitu ada tahi lalat di atas bibirnya. Setelah berpisah, anda sudah tidak lagi mengingat atau menghafal namanya tapi ketika bertemu kembali secara tidak sengaja anda akan mengingat namanya dengan melihat tahi lalat tadi.

3. Biasakan Menyebut Nama Ilmiah


Ketika sedang berjalan-jalan di hutan atau di mana saja dan melihat tumbuhan-tumbuhan, biasakan menyebutnya nama ilmiahnya, mau diuapkan atau hanya dalam hati. Kebanyak orang akan menyebut nama lokal tumbuhan tersebut meskipun mereka mengetahui nama ilmiahnya.

Lakukan hal berbeda dengan biasakan menyebut nama ilmiah sehingga tanpa menghafal anda akan selalu mengingat nama ilmiah tumbuhan tersebut dengan selalu menyebutnya.

Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan Dengan Mudah

Hal itulah yang saya lakukan sampai saat ini, selama berjalan saya selalu mengatakan dalam hati nama ilmiah tumbuhan yang dilihat. Mungkin ketika berbicara dengan masyarakat saya akan mengatakan nama lokal untuk menyesuaikan dengan mereka tapi dalam hati selalu menyebut nama ilmiah.

4. Perbanyak Turun ke Lapangan


Semua upaya yang kita lakukan untuk cepat mengingat nama ilmiah tumbuhan akan lebih maksimal ketika kita sering turun ke lapangan. Misalnya membantu penilitian seorang teman tentang identifikasi jenis-jenis tumbuhan atau membantu pekerjaan guru dan dosen terkait inventarisasi tumbuhan di hutan.

Sewaktu menjadi mahasiswa saya sering membantu senior di kampus dalam melaksanakan penelitian mereka di hutan sehingga akan semakin menambah pengalaman serta pengatehuan tentang tumbuhan.

Itulah 4 cara cepat mengingat nama ilmiah tumbuhan dengan mudah dan semua akan berjalan baik jika anda bersungguh-sungguh untuk cepat mengingat nama-nama ilmiah tumbuhan dan tanaman.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel