Apa Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman ? Jangan Salah Sebut

Apa Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman ? Jangan Salah Sebut - Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah mendengar sebutan tanaman dan tumbuhan. Apakah anda pernah berpikir apa perbedaan dari tumbuhan dan tanaman tersebut sehingga terdapat dua istilah yang berbeda ? namun memiliki makna pada objek yang sama.

Sejak duduk di bangku sekolah istilah tumbuhan dan tanaman sudah sering kita dengar, apalagi bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA yang mata pelajaran mereka tentang ilmu pengetahuan alam dan mahasiswa yang mengambil jurusan terkait dengan ilmu yang berkaitan alam seperti pertanian, MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan lingkungan hidup.

Masih saja sering kita temui orang-orang yang sering keliru atau terbalik menggunakan kedua kata ini. Namun, jika hal itu dilakukan oleh masyarakat awam masih dapat dimaklumi tapi akan lucu jika seorang siswa IPA atau mahasiswa yang salah dalam menggunakan kata tumbuhan dan tanaman dalam percakapan sehari-hari.

Saya menulis perbedaan antara tumbuhan dan tanaman ini agar dapat memberikan sedikit penjelasan kepada semua pembaca sehingga dapat membedakan apa itu tumbuhan dan apa itu tanaman. Dengan pemahaman tersebut sehingga tidak lagi terjadi kesalahan dalam menempatkan sebutan tumbuhan dan tanaman dalam situasi yang sebenarnya.

Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman


Pada dasarnya tumbuhan dan tanaman dapat dikatakan sama. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu dilihat dari cara tumbuh dan hidup di alam.

Tanaman adalah tumbuhan yang ditanam dan dibudidaya pada wadah atau areal tertentu untuk mendapatkan manfaatnya ketika masa panen sedangkan tumbuhan hanya tumbuh dan berkembang dengan sendirinya tanpa ditanam dan mendapatkan perawatan.

Tanaman merupakan tumbuhan tetapi tumbuhan bukan tanaman dalam dalam cakupan perbedaan antara tumbuhan dan tanaman tadi. Tanaman ditanam di kebun, pekarangan rumah dan wadah yang kemudian diberi perawatan dengan baik sampai tiba masa panen atau masa tumbuh dan berkembang menjadi indah seperti tanaman hias.

Tumbuhan berkembang dengan sendirinya di alam tanpa ada canpur tangan manusia. Anda dapat melihat tumbuhan yang tumbuh di hutan alam, bukit dan digunung. Namun, ketika ada orang yang mengambil tumbuhan di alam lalu dikembangbiakan dan dibudidayakan maka dia sudah termasuk dalam sebutan tanaman.

Dengan mengetahui apa perbedaan antara tumbuhan dan tanaman maka kita dapat menggunakan penyebutan pada sasaran yang tepat. Misalnya ketika anda sedang berjalan dan melihat tanaman yang indah tumbuh di dalam pot depan rumah pemiliknya maka sebutan yang tepat yaitu tanaman bukan tumbuhan. Begitu juga sebaliknya ketika anda berjalanan di hutan alam yang tumbuh dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia maka harus disebut tumbuhan bukan tanaman.

perbedaan antara tumbuhan dan tanaman

Memang terlihat sederhanan, namun akan terasa lucu ketika kita berjalan atau bertemu dengan orang yang paham tentang perbedaan tersebut kemudian kita salah menyebutkan antara tumbuhan dan tanaman.

Mulailah dari sekarang untuk membiasakan penyebutan yang tepat, mana kondisi yang disebut tumbuhan dan mana tanaman sehingga anda akan menjadi terbiasa menyebutkan yang tepat. Apalagi jika anda seorang siswa atau mahasiswa jurusan tentang alam.

Akan lebih parah lagi jika anda seorang lulusan perguruan ilmu alam dan masih salah menyebutkan atau belum tahu apa perbedaan antara tumbuhan dan tanaman. Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semua demi menambah pengetahuan yang sedikit tapi perlu untuk diketahui. Apa beda tumbuhan dan tanaman ? silahkan dijawab !

2 Komentar untuk "Apa Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman ? Jangan Salah Sebut"

  1. Klo istilah TANAMAN kehutanan itu bagaimana bang? Soalx aku jarang dengar istilah TUMBUHAN kehutanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanaman Kehutanan karena sudah terdapat aktivitas Silvikultur

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel