Cara Membuat Tabel Excel Menjadi Gambar Tanpa Bantuan Aplikasi Lain

Cara Membuat Tabel Excel Menjadi Gambar Tanpa Bantuan Aplikasi Lain - Excel merupakan aplikasi yang digunakan semua pengguna laptop dan komputer di Indonesia untuk bekerja atau membuat tugas kuliah bagi mahasiswa karena aplikasi excel adalah bawaan sistem operasi windows di laptop. Aplikasi excel sangat berperan penting dalam mendukung pekerjaan di segala bidang baik pemerintahan, swasta maupun pengusaha. MS excel juga menjadi program unggulan yang digunakan di kantor-kantor. Semua pengguna laptop dari berbagai kalangan pasti menggunakan aplikasi ini.

Namun dalam bekerja dengan excel terkadang kita mengalami masalah-masalah teknis yang cukup membuat bingung bagi seseorang yang belum terlalu pakar menggunakan excel, seperti menyalin tabel excel untuk dipindahkan ke microsoft word untuk keperluan pekerjaan seperti laporan, skripsi bagi seorang mahasiswa dan lain-lain.

Beberapa hari yang lalu saya membantu seorang teman yang mengalami masalah memindahkan tabel excel hasil analisis untuk dimasukkan ke MS word karena tabelnya cukup lebar sehingga ruang untuk tabel tidak mencukupi. Beberapa cara telah dicoba, mulai dari memperkecil ukuran huruf, merapatkan batas tabel dan lain-lain. Namun tetap saja masih belum cukup sebab data yang termuat dalam tabel excel cukup banyak. Dari beberapa cara yang dicoba belum dapat menyelesaikan masalah itu akhirnya saya menggunakan cara membuat tabel excel menjadi gambar (jpg) agar lebih mudah mengatur ukurannya di MS word.

Jadi bagi anda yang mengalami masalah tabel excel yang terlalu besar dan sulit untuk masukkan ke MS word dengan cara yang sering digunakan yaitu copy dan paste secara langsung, maka dapat merubahya menjadi gambar agar mempermudah pekerjaan anda.

Cara Membuat Tabel Excel Menjadi Gambar


Buka tabel yang telah anda selesai dibuat dan akan dimasukkan ke MS word, lalu blok tabel tersebut sampai pada batasnya semua. Lalu pilih menu paste di bagian kanan atas, pilih as picture lalu pilih copy as picture

Cara Membuat Tabel Excel Menjadi Gambar Tanpa Bantuan Aplikasi Lain

Selanjutnya salin ke MS word seperti biasa yaitu klik kanan dan paste


Kini tabel excel telah menjadi gambar dan lebih mudah untuk disesuaikan ukurannya ketika dipindahkan ke MS excel. Anda dapat lebih mudah menggeser, memperbesar dan memperkcil tabel excel yang telah menjadi gambar dengan sangat mudah seperti gambar pada umumnya.

Cara Membuat Tabel Excel Menjadi Gambar Dengan Tombol CTRL + PRTSC


Selain memakai cara di atas kita juga dapat menggunakan cara lain yaitu merubah tabel excel menjadi gambar dengan bantuan tombol kontrol dan PRSC di keyboard laptop/komputer. Cara ini sebenarnya untuk melakukan screenshot layar laptop, namun dapat juga dipakai untuk membuat tabel di excel menjadi gambar.

Buka tabel excel anda dan perbesar secara proporsional di layar laptop agar hasil screenshot nanti lebih jelas dan terlihat baik lalu tekan CTRL + PRTSC di keyboard.


Selanjutnya buka aplikasi paint bawaan windows dan salin ke paint


Crop atau potong sesuai ukuran tabel di aplikasi paint dan simpan dalam bentuk file gambar (jpg) lalu masukkan gambar hasil dari paint tadi ke MS word seperti biasa.

Itulah cara membuat tabel excel menjadi gambar yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tabel yang sulit disesuaikan ukurannya saat disalin ke MS word. Semoga dengan cara ini dapat membantu kelancaran pekerjaan anda atau bagi mahasiswa yang sibuk membuat skripsi dalam mengolah data untuk dimasukkan ke hasil skripsi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Tabel Excel Menjadi Gambar Tanpa Bantuan Aplikasi Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel