8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah - Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipelajari di seluruh dunia. Ketika melihat orang lain yang mampu berbahasa inggris, semua terlihat mudah dan menarik untuk disimak. Namun ketika kita mencoba untuk mempelajarinya akan sedikit terasa sulit.

Hal itu juga pernah saya rasakan ketika pertama kali belajar percakapan bahasa inggris ketika sedang melakukan suatu kegiatan penelitian bersama seorang bule wanita dari negara Inggris. Baca : Cara Belajar Bahasa Inggris (Conversation) Dengan Mudah Tanpa Kursus

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat


Mungkin menurut anda tidak akan mungkin bagi kita orang Indonesia untuk mampu berbahasa inggris dalam waktu singkat. Namun, banyak yang dapat berbahasa inggris hanya dalam hitungan bulan. Semua tergantung bagaimana cara belajar bahasa inggris yang kita lakukan dan tekad yang kuat untuk dapat berbicara dalam bahasa inggris.

1. Banyak membaca teks berbahasa inggris


Bacalah buku, novel, puisi, blog, website atau apa saja yang menggunakan bahasa inggris. Mengapa ? Bahan bacaan seperti itu penuh dengan kosa kata bahasa inggris yang dapat diketahui. Hal ini membantu meningkatkan pengatahuan tentang kata-kata inggris dengan cepat sebab mampu memperkuat kata-kata dalam pikiran atau ingatan kita. 

2. Rajin menulis kosa kata yang baru diketahui


Saat sedang belajar bahasa inggris, kita sering menemukan kata-kata yang baru diketahui, tulis kata tersebut pada buku catatan khusus anda sebab kita belum tentu mampu mengingat sebuah kata saat itu juga, dengan menulis membuat kita akan mudah membaca kembali saat lupa. Ketika mendengar dan membaca kata atau ungkapan baru, segera tulis kata tersebut beserta artinya.

3. Latihan berbicara dengan orang lain


Tujuan kita belajar pasti untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris. Maka temukan kerabat atau orang yang dapat berbahasa inggris. Buat komitmen dalam diri sendiri untuk berbicara menggunakan bahasa inggris jika bertemu dengan dia. 

Jika terbiasa berbicara maka dengan sendirinya mulut dan lidah kita akan terasa ringan dan semakin mudah dalam mengucapkan kata serta kalimat bahasa inggris. Manfaat lain yaitu ketika kita salah mengucapkan kata atau lupa, dapat dibenarkan sekaligus diingatkan oleh lawan bicara kita.

4. Belajar bahasa inggris dari youtube


Saat ini youtube menjadi media online yang banyak memberikan bermacam-macam pembelajaran termasuk bahasa inggris. Banyak juga teman-teman saya yang belajar bahasa inggris dari youtube. Cari channel youtube yang khusus membahas tentang pendidikan bahasa inggris. Gunakan headset ketika menonton agar lebih jelas mendengar dan jangan lupa sediakan juga cacatan seperti pada cara ke dua di atas. 

5. Pergi ke luar negeri


Cara kelima ini menurut saya sangat ampuh sebab banyak orang dapat berbicara menggunakan bahasa inggris karena pernah tinggal di luar negeri. Lihat saja orang-orang Indonesia yang bekerja di luar negeri, setelah kembali ke Indonesia mereka dengan mudah berbicara bahasa inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

Cara ini akan terasa sulit saat tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan perjalanan. Namun, bagi anda yang mampu lakukan hal ini maka akan sangat membantu untuk cepat berbahasa inggris.

6. Belajar bahasa inggris dari film


Banyak sekali film-film bahasa inggris yang menjadi populer dan banyak peminat. Salah satunya mungkin anda, nonton film-film berbahasa inggris kesukaan anda tanpa membaca teksnya atau menghilangkan teks terjemahan film tersebut. Jika kita terbiasa melakukan hal itu, apa lagi film favorit kita sendiri, maka kita sedang nonton sambil belajar.

7. Fokus pada tujuan anda belajar bahasa inggris


Belajar bahasa inggris akan lebih cepat ketika kita fokus pada tujuan kita misalnya tujuan belajar bahasa inggris untuk pertukaran pelajar ke luar negeri maka fokuslah pada kosa kata terkait mata kuliah atau pelajaran anda.

Jika anda belajar bahasa inggris untuk bekerja di restoran mahal, maka konstrasilah untuk membelajari bagaimana bahasa inggris dalam menyapa dan berkonukasi dengan tamu serta menu-menu makanan yang akan ditawarkan. Sama halnya jika anda belajar bahasa inggris dengan tujuan akan bekerja ditempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

8. Jangan pernah menyerah untuk belajar bahasa inggris


Anda orang yang telah belajar bahasa inggris selama beberapa bulan kemudian menyerah karena belum juga dapat berbicara bahasa inggris. Jangan pernah menyerah untuk belajar, semakin mengeluh dan menyerah maka selamanya kita tidak akan dapat berbahasa inggris. Yakinkan dalam diri bahwa saya pasti bisa seperti orang lain yang sangat mudah berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel