Waktu Buang Sampah yang Baik Demi Mengutamakan Kenyamanan Masyarakat

Waktu Buang Sampah yang Baik - Ini adalah tulisan opini saya yang ketiga di blog Ato Basahona. Pada tulisan ini saya akan membahas tentang waktu buang sampah yang baik untuk mengutamakan kenyamanan masyarakat sehingga tidak mengganggu secara langsung aktivitas dan ketenangan warga masyarakat sekitar.

Sampah merupakan barang-barang sisa hasil penggunaan masyarakat secara umum yang dibuang ke tempat sampah atau Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang telah disediakan oleh pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan hidup sekitar. Sampah-sampah pada tempat pembuangan sementara kemudian diangkut oleh petugas kebersihan menggunakan mobil untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang merupakan sentral sampah di suatu daerah kabupaten/kota.

Proses pembuangan sampah sampai pada pengangkutan dan tiba di TPA perlu diatur dengan baik dan benar untuk dituangkan dalam sebuah regulasi pemerintah. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada warga masyarakat termasuk juga kepada petugas sampah itu sendiri agar semua pihak merasa nyaman dan tidak terganggu dengan segala bentuk aktivitas pembuangan dan pengangkutan sampah di tempat pembuangan sementara yang berada di sekitar pemukiman.

Kapan waktu yang tepat untuk membuang dan mengangkut sampah ?

Waktu yang baik untuk membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yaitu pada malam hari dan waktu pengangkutan sampah di tiap-tiap TPS oleh petugas kebersihan yaitu pada menjelang pagi setelah shalat Subuh.

Mengapa demikian ?

Waktu rutinitas yang padat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat berada pada pagi sampai sore hari. Waktu pagi hari saat mulai terbit matahari, anak-anak mulai berangkat sekolah, para orang tua mulai berangkat kerja dan anak muda pergi ke kampus. Pada kota-kota yang rawan akan kemacetan, waktu pagi dan sore merupakan waktunya macet dimana orang-orang berangkat dan kembali ke rumah.

Dari kenyataan itulah maka waktu terbaik untuk membuang sampah ke TPS dilakukan pada malam hari. Waktu dimana orang-orang lebih banyak memilih untuk istirahat di rumah dan hanya sebagian orang yang beraktivitas di malam hari.

Semua orang pasti mengetahui bahwa sampah mengeluarkan bau busuk, jika proses pembuangan dan pengangkutan sampah dilakukan pada siang hari dimana orang-orang sibuk beraktivitas maka dapat menganggu kenyamanan masyarakat. Bau busuk dan kemacetan oleh mobil sampah yang beroperasi jam-jam kesibukkan masyarakat di jalan raya. Dalam segi estetika juga menganggu keindahan pemandangan kota oleh sampah-sampah yang dibuang dan diangkut dari TPS. Dampak lain dari mengangkut dan membuang sampah di siang hari yaitu menambah kemacetan bahkan dapat memicu terjadinya kecelakan di jalan raya.

Waktu Buang Sampah yang Baik Demi Mengutamakan Kenyamanan Masyarakat

Waktu pagi setelah shalat Subuh merupakan waktu yang tepat bagi petugas sampah untuk mulai bekerja. Kenapa ? karena bagi petugas yang beragama Islam dapat melaksanakan ibadah shalat Subuh terlebih dahulu sebelum mulai bekerja. Jadi pekerjaan mereka dilakukan sebelum orang-orang mulai sibuk beraktivitas di pagi hari. Sisa waktu yang tersedia bagi petugas sampah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain di rumah dan akan kembali bekerja pada pagi hari seperti biasa.

Waktu pembuangan dan pengangkutan sampah harus diatur dalam aturan pemerintah dan diterapkan dengan baik agar mampu menghadirkan kenyamanan bagi seluruh kalangan masyarakat dan petugas sampah itu sendiri dalam menjalankan pekerjaan.

Tulisan tentang waktu yang tepat untuk membuang dan mengangkut sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ini merupakan masukan dalam bentuk opini, semoga dapat ditanggapi dengan baik oleh semua pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Waktu Buang Sampah yang Baik Demi Mengutamakan Kenyamanan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel