Cara Belajar ArcGIS Agar Cepat Membuat Peta Sendiri

Cara Belajar ArcGIS Agar Cepat Membuat Peta Sendiri - Pada tulisan ini saya akan membagikan tips-tips bagimana cara belajar arcgis agar cepat dapat membuat peta sendiri dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Bagi anda yang belum mengetahui Apa itu arcgis, saya akan menjelaskan sedikit. Arcgis merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat peta dari hasil pengukuran lapangan. Belajar membuat peta dengan menggunakan arcgis biasanya digunakan oleh mahasiswa teknik secara umum dan mahasiswa geografi termasuk juga mahasiwa jurusan kehutanan.

Saya juga termasuk lulusan kehutanan jadi sering menggunakan arcgis untuk membuat peta ketika kuliah sampai ke dunia kerja. 

Cara Belajar Arcgis Agar Cepat Membuat Peta Sendiri


Ada beberapa teman saya yang pernah mengikuti kursus arcgis tapi saya sendiri belum pernah sebab saya berpikir di jurusan kehutanan juga terdapat mata kuliah khusus tentang arcgis.

Memiliki laptop yang memadai


Menurut saya akan sia-sia ketika kita berkeinginan belajar arcgis sementara laptop kita tidak mendukung. Arcgis termasuk aplikasi yang besar atau memakai banyak tenaga laptop saat bekerja sehingga ada standar spesifikasi laptop yang diharuskan.

Mengikuti pelatihan arcgis


Meskipun saya belum pernah mengikuti pelatihan arcgis tapi saya menyarankan bagi anda yang memiliki kelebihan modal agar mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pemetaan atau GIS sehingga anda mendapatkan metode pembelajaran khusus agar cepat memahami teori dan praktek lapangan dalam pelatihan tersebut. 

Namun, bagi anda yang tidak memiliki biaya untuk mengikuti pelatihan arcgis juga dapat membuat peta sendiri seperti yang telah saya lakukan.

Belajar dengan senior


Jika anda masih berstatus mahasiswa maka bertemanlah dengan senior-senior anda di kampus yang sudah mampu membuat peta sehingga anda juga dapat belajar darinya. Dari pertemanan tersebut akan mampu terbangun komunikasi yang baik dan prores pembelajaran yang cepat.

Bagi anda sudah di lingkungan kerja yang berhubungan dengan arcgis serta pemetaan, maka belajarlah secara serius dan sungguh-sungguh kepada senior di kantor yang tugas pokok dan fungsin atau TUPOKSI pemetaan. Denga begitu anda akan mampu membuat peta sendiri dalam waktu singkat.

Cara Belajar ArcGIS Agar Cepat Membuat Peta Sendiri

Saya sendiri dapat membuat peta sendiri saat belajar dengan senior di kantor, semakin baik lagi jika kita dilibatkan dalam satu kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan peta sehingga kita juga akan terlibat langsung untuk membuat satu atau dua lembar peta dengan arahan dan panduan mereka.

Belajar sendiri setelah diajar


Ketika kita selesai diajar oleh orang lain, saat pelatihan atau oleh senior, jangan hanya sebatas itu tapi sering coba lakukan sendiri atau aplikasikan apa yang sudah diajarkan sehingga kita akan semakin tahu.

Belajar arcgis harus rajin atau sering digunakan karena apa yang sudah dipelajari sering lupa kembali. Saya sendiri ketika lama tidak menggunakan arcgis, saat akan menggunakannya kembali butuh sedikit waktu untuk harus menyesuaikan atau mengingat-ingat kembali cara-cara yang harus dilakukan.

Beli buku tutorial arcgis


Meskipun kita telah belajar dari orang lain atau mengikuti pelatihan, kita juga harus memiliki buku, kadang saat di rumah dan lupa maka buku menjadi solusi untuk mengingatkan kembali apa yang telah kita pelajari.

Luangkan lebih banyak waktu


Agar cepat dapat membuat peta sendiri saat belajar arcgis, maka anda harus rela korbankan lebih banyak waktu untuk belajar. Kapan waktu yang baik, anda yang lebih mengetahui untuk mengatur waktunya.

Itulah cara-cara yang saya lakukan selama belajar arcgis, hanya dalam waktu kurang lebih satu bulan saya sudah mampu membuat peta sendiri saat dilibatkan dalam sebuah pekerjaan kantor.

Belum ada Komentar untuk "Cara Belajar ArcGIS Agar Cepat Membuat Peta Sendiri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel