Cara Mengatur Kualitas Terbaik Hasil Edit Video di Aplikasi Camtasia

Cara Mengatur Kualitas Terbaik Hasil Edit Video di Aplikasi Camtasia - Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat dipakai untuk mengedit video-video hasil rekaman kita seperti adobe premiere, sony vegas, camtasia, video pad, filmora dan masih banyak lagi. Namun, semua aplikasi-aplikasi edit video tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan laptop atau komputer untuk bekerja. Pada tulisan ini saya akan tentang cara mengatur kualitas video saat menggunakan aplikasi camtasia yang sering saya gunakan di antara beberapa aplikasi edit video di atas.

Aplikasi edit video memiliki kapasitas file yang berbeda-beda, ada yang besar, sedang dan keci. Oleh karena itu saya lebih terbiasa menggunakan camtasia untuk mengedit video karena kemampuan kerjanya yang tidak terlalu memperlambat kerja laptop. Jika anda mencari aplikasi edit video yang baik maka diusahakan sesuai dengan spesifikasi laptop anda agar mempermudah aktivitas kerja anda karena laptop tidak lambat atau berat saat beroperasi.

Pada dasarnya semua aplikasi edit video memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana pendalaman kita dalam memakainya. Saya pernah mencoba menggunakan beberapa aplikasi edit video dengan melihat kemampuan laptop dan dari beberapa aplikasi yang pernah saya coba, hanya camtasia yang sesuai dengan laptop saya sebab spesifikasi laptop juga tidak terlalu tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan aplikasi camtasia


Saya mulai terbiasa mengedit video karena telah membuat channel youtube pribadi untuk mengupload video-video tutorial dan perjalanan, kebetulan saya termasuk orang yang suka melakukan traveling. 

Kelebihan dari aplikasi Camtasia 

Ada beberapa kelebihan yang diporelah dari aplikasi cantasia seperti :

1. Dapat merekam layar komputer dan suara kita secara langsung tanpa mikrofon sehingga kita dapat membuat video tutorial dengan mudah melalui laptop atau komputer dengan langsung

2. Aplikasi cukup ringan untuk digunakan di berbagai spesifikasi laptop, semua teman-teman yang memiliki spec laptop standar, saya selalu menyarankan untuk mengedit video dengan aplikasi camtasia.

3. Cepat proses menyimpan hasil edit (render) video terbilang cukup cepat dibandingkan dengan beberapa aplikasi lain yang pernah saya gunakan.

Kekurangan aplikasi camtasia

1. Masih kekurangan beberapa fitur jika dibandingkan dengan adobe premiere tapi fitur-fitur yang tersedia sudah cukup untuk mendapatkan hasil video terbaik.

2. Masih kurang mendukung beberapa format file video yang kita input untuk melakukan pengeditan

3. Masih memiliki crack yang dapat digunakan bebas (bukan original)

Baca juga : Cara Membuat Channel Youtube Pribadi Untuk Upload Video

Bagi anda yang juga menggunakan aplikasi camtasia untuk edit video, anda dapat menerapkan cara mengatur kualitas terbaik video di camtasia agar hasil edit video menjadi maksimal.

Cara Mengatur Kualitas Terbaik Hasil Edit Video


Syarat pertama yang harus anda miliki untuk mengedit video yaitu aplikasi camtasia. Jika belum punya, anda dapat mendownload atau memperoleh dari teman maupun kerabat karena sudah banyak yang menggunakan aplikasi edit video ini.

Buka aplikasi camtasia untuk mulai mengedit video dan lakukan pengeditan seperti biasa.

Cara Mengatur Kualitas Terbaik Hasil Edit Video di Aplikasi Camtasia

Agar mendapatkan kualitas video terbaik saat mengedit video menggunakan camtasia yaitu pada saat akan melakukan penyimpanan (render)

Pilih menu produce and share untuk mulai menyimpan video, lalu pilih custom production settings kemudian Next


cara simpan video di camtasia

Selanjutnya pilih format video MP4-Flash/HTML 5 Player yang direkomendasikan lalu Next



Pada video setting jadikan 100 % untuk hasil maksimal atau kualitas terbaik hasil video


Pada audio setting pilih 1024 kbps


Pada pengaturan kualitas video dan audio seperti di atas maka anda sudah mendapatkan hasil edit video terbaik dari camtasia.

Selanjutnya klik next dan tulis judul video kemudian pilih tempat penyimpanan dan tunggu hingga proses simpan video (render) selesai.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel