Cara Membuat Daftar Isi Blog Per Label yang Ringan dan Simple

Cara Membuat Daftar Isi Blog Per Label yang Ringan dan Simple - Ketika membuat sebuah blog atau website bukan saja sekedar membuat postingan atau menulis tapi selain dari itu, kita juga perlu menyediakan pengaturan tambahan di blog. Hal ini bertujuan agar pengunjung blog lebih betah berlama-lama dan dapat dengan mudah menjelajahi semua isi postingan blog dari setiap label atau kategori tulisan yang ditulis karena pada dasarnya ciri-ciri blog yang baik yaitu blog yang mudah dijelajah semua isi postingan blog pada tiap-tiap kategori atau label.

Apa itu label atau kategori blog ?

Label adalah kumpulan tulisan-tulisan di blog yang memiliki topik pembahasan yang sama. Contoh yang sangat mudah lihat saja blog ini. Saat ini saya menyediakan beberapa label di bagian atas seperti tutorial blog, tips blog, tips google adsense, opini, puisi dan lain-lain. Itulah yang disebut label atau kategori postingan, dengan begitu orang-orang akan lebih mudah membaca apa yang mereka inginkan dan ketika masuk ke label blog maka semua jenis pemabasan yang sama berada di situ.

Semua pasti mengetahui apa itu daftar isi sehingga tidak perlu lagi saya membahasnya. Daftar isi bukan saja kita temui di buku, makalah, skripsi atau tulisan ilmiah lainya, namun di blog juga perlu dibuat daftar isi dan manfaatnya juga sama seperti daftar isi yang lain yaitu pengunjung blog dapat dengan mudah melihat semua isi postingan yang ada di blog dengan baik sebelum mulai memilih untuk membacanya.

Apalagi jika daftar isi blog yang kita buat sudah terbagi menjadi per label maka akan semakin menarik dilihat dan dengan sangat mudah untuk memilah semua isi postingan blog dengan topik yang sama. Seperti contoh dapat anda lihat daftar isi pada blog Ato Menulis ini.

Baca juga : Tips Menentukan Tema Blog Untuk Seorang Blogger Pemula

Selain itu, menurut saya daftar isi ini sangat sederhana tanpa banyak hiasan yang akan membuat bingung pengunjung dan juga daftar isi blog ini sangat ringan ketika kita membuka laman daftar isi ini.

Cara Membuat Daftar Isi Blog

Cara membuat daftar isi blog seperti ini juga sangat mudah karena kita hanya menggunakan script yang hanya perlu diletakkan pada laman yang baru dibuat.

Cara Membuat Daftar Isi Blog


Untuk membuat daftar isi blog per label ikuti langkah-langkah berikut :

Masuk ke dashboard blog anda, pilih halaman, buat halaman baru kemudian tulis judul halaman daftar isi atau sitemap.


Copy dan paste kode script di bawah pada laman yang baru anda buat pada bagian HTML lihat gambar di bawah :

<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap3.js"></script>
<br />
<br />

<h3>
Tips Blog</h3>
<ul>
<script src="https://www.atomenulis.com/feeds/posts/default/-/Tips%20Blog?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999"></script></ul>
<br />
<h3>
Tips Adsense</h3>
<ul>
<script src="https://www.atomenulis.com/feeds/posts/default/-/Tips%20Adsense?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999"></script></ul>
<br />


Perhatikan kode script yang saya beri warna biru di atas silahkan diganti dengan nama label, link blog dan link label anda di bagian belakang.

Apabila anda ingin menambah label lebih banyak lagi, cukup copy salah satu label dan paste di bagian bawahnya kemudian sesuaikan nama dan link labelnya. Mudahkan cara membuat daftar isi blog per label dengan menggunakan script !. Jangan lupa disimpan laman yang telah anda buat dan edit, silahkan cek pada tampilan blog blog anda. 

Dengan membuat daftar isi di blog berarti dapat dikatakan blog anda sudah baik dalam hal navigasi blog sehingga pengunjung blog atau visitor akan lebih mudah menelusuri semua isi tulisan dalam blog anda.

Demikian cara membuat daftar isi blog seperti yang blog Ato Menulis ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuat daftar isi di blog anda sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel