Mengetahui Benua Terkecil hingga yang Terbesar di Dunia

Benua adalah beberapa kumpulan daratan yang memiliki wilayah luas di permukaan bumi, dan terbentuknya suatu Benua di dunia berdasarkan kesepakatan (konvensi). Adapun pembagian benua yang ada di dunia terbagi menjadi tujuh yakni, Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan, Benua Eropa, Benua Antartika dan yang terakhir Benua Australia.

Nah sekarang saya akan mencoba membahas tentang benua-benua yang ada di atas mulai dari urutan yang terkecil wilayahnya hingga yang terbesar.

1. Benua Australia


Benua Australia adalah benua yang berbeda dari benua-benua di dunia lainnya, karena hanya ditempati oleh satu negara yaitu Negara Australia. Selebihnya Benua Australia merupakan benua di dunia yang paling terkecil dengan luas wilayah hanya sekitar 9.945.000 kilometer persegi.

Secara ilmu Astronomi yang merupakan ilmu alam yang meneliti benda langit serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi, mengemukakan bahwa Benua Australia terletak pada 1130° BT - 1550° BB dan 100° LS 430° LU. Dan secara geografis berbatasan dengan Selat Tores, Laut Timor dan Laut Arafuru di sebelah Utara, Samudera Pasifik, Laut Coral dan Laut Tasman di sebelah Timur beserta Samudera Hindia di arah Selatan.

2. Benua Eropa


Benua Eropa secara ilmu geologis dan geografi adalah semenanjung atau anak benua, dimana terkait pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya.

Benua Eropa memiliki luas wilayah sekitar 10.18 juta kilometer persegi, yang kemudian menjadikan benua Eropa sebagai benua terbesar keenam diatas Benua Australia. Benua Eropa terdiri atas empat kawasan yakni, Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan dan Eropa Timur dan secara Astronomis terletak pada posisi 900° BB - 600°BT dan 350° LU - 800° LS.

Selebihnya, Benua Eropa berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah Selatan, Samudera Arktik di sebelah Utara dan Samudera Atlantik di sebelah Barat serta Laut Kaspia, Selat Dardanella dan Pegunungan Ural di sebelah Timur.

3. Benua Antartika


Benua Antartika adalah benua terbesar kelima yang meliputi Kutub Selatan Bumi, dimana hampir seluruhnya terletak di lingkaran Antartika dan dikelilingi Samudera Hindia Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik dengan luas wilayah 14.0 juta kilometer persegi.

Benua Antartika memiliki suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi, dan disebut sebagai benua tertandus, benua berangin terkencang di dunia, Antartika juga dianggap sebagai tempat terdingin di muka bumi karena sebagian besar tertutup dengan es. Dan secara populasi manusia terkecil di antara semua benua karena hanya di huni oleh ilmuwan dan peneliti yang rata-rata hanya sekitar 300-500 orang.

4. Benua Amerika Selatan


Benua Amerika Selatan adalah benua pecahan dari Benua Amerika, yang berada di antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik yang terhubung dengan Amerika Serikat melalui Tanah Genting Panama. Benua yang diatasnya terlintas oleh garis Katulistiwa ini memiliki sebagian besar dataran benua berada di belahan bumi selatan.

Luasnya area Benua Amerika Selatan berada pada peringkat terbesar keempat setelah Benua Asia, Afrika dan Amerika Utara sedangkan populasinya berada di peringkat kelima setelah Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Utara.

5. Benua Amerika Utara


Benua Amerika Utara adalah benua yang berada di belahan dunia bagian utara. benua Amerika Utara berbatasan dengan Samudera Atlantik Utara serta Laut Arktik di sebelah Timur dan Laut Karibia bersama Samudera Pasifik Utara di sebelah barat.

Benua Amerika Utara memiliki luas wilayah sebesar 24.500.000 kilometer persegi atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi, dengan jumlah penduduk yang diperkirakan pada tahun 2016 berjumlah sekitar 579 juta jiwa. Dimana dari semua itu menjadikan Benua Amerika Utara sebagai benua terbesar ketiga setelah Benua Asia dan Afrika.

6. Benua Afrika


Benua Afrika adalah benua terbesar kedua setelah Benua Asia, dimana Benua Afrika memiliki luas wilayah sebesar 30.224.050 kilometer persegi atau meliputi 20,3% dari seluruh total daratan bumi.

Benua Afrika mencakup Madagaskar dan berbagai kepulauan yang diantaranya terdapat 54 negara berdaulat di dunia yang sepenuhnya diakui dan dua negara dengan pengakuan terbatas ini, dikelilingi oleh Laut Merah di timur laut, Laut Mediterania di sebelah utara, Samudera Atlantik di sebelah barat dan Samudera Hindia di Tenggara.

7. Benua Asia


Benua Asia adalah benua yang terbesar di Dunia karena memiliki luas wilayah sebesar 44.58 juta kilometer persegi atau 8,7% dari total luas permukaan bumi dari 30% luas daratannya benua Asia. Dimana mencakup bagian Afrika-Eurasia tanpa Afrika dan Eropa. Benua Asia sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah diantaranya ialah Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur dan Asia Barat (timur tengah).

Benua yang memiliki populasi manusia sebanyak 4.164.252.000 jiwa ini, berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Selat Bering di sebelah timur, Samudera Hindia dan Samudera Arktik di sebelah selatan, beserta Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Selat Bosphorus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Laut Hitam, Terusan Suez serta Laut Merah di sebelah barat.

Benua Terkecil hinggaTerbesar

Demikianlah uraian terkait tujuh benua yang terbagi-bagi dalam dunia berdasarkan besaran wilayahnya. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel