Negara Monarki Konstitusional di Benua Afrika

Terkait keberadaan Negara berbentuk Monarki Konstitusional di Benua Afrika, pada dasarnya tidak banyak yang mengetahui bahwa Afrika yang menjadi salah satu benua terbesar di dunia ini. Masih terdapat negara-negara yang berbentuk Monarki Konstitusional maupun Monarki Absolut. Berikut adalah beberapa negara Monarki Konstitusional di Benua Afrika:

1. Maroko


Kerajaan Maroko atau biasa juga disebut Al-mamlukatul Magribiya adalah sebuah negara monarki konstitusional di Afrika Utara yang memiliki garis pantai begitu panjang di Samudera Atlantik bersamaan dengan Spanyol dan Prancis yang menjadikan ketiga negara tersebut adalah negara yang memiliki garis pantai panjang di Samudera Pasifik dan juga di Laut Mediterania . Terlebih secara geografis wilayahnya sebagian besar terdapat gurun dan pegunungan terjal.

Negara Maroko memiliki sejarah berbeda dengan negara-negara tetangga disekitarnya, karena kebudayaan Maroko merupakan campuran antara kebudayaan barat, Eropa dan kebudayaan Berber dan Negara Maroko sebagai monarki memiliki luas wilayah sebesar 446.550 kilometer persegi dan jumlah populasi sebanyak 33.800.000 jiwa dan memiliki ibu kota di Rabat serta kota terbesarnya ialah Casblanca.

Politik kerajaan Maroko yang berlandaskan Monarki Konstitusional, dimana Perdana Menteri adalah Kepala Pemerintahan dan sistem Multi Partai kekuasaan eksekutif dijalankan oleh pemerintah, kekuasaan legislatif berada di tangan pemerintah dan sistem dua kamar di parlemen yakni Majelis Dewan dan Majelis Perwakilan Maroko. Konstitusi Marokko mengatur monarki dengan parlemen dan peradilan yang independen dan mengatur seorang Raja yang bernama Muhammad VI sebagai Kepala Negara.

Dalam pembagian Administratif di Maroko, 75 subdivisi administrasi tingkat kedua adalah 13 Prefektur dan 62 Provinsi yang merupakan subdivisi dari 12 wilayah Maroko yang dibagi lagi menjadi 62 Provinsi seperti yang dimaksudkan diatas.

2. Lesotho


Lesotho atau secara resmi Kerajaan Lesotho adalah negara yang terkurung di Afrika Selatan yang dimana sepenuhnya dikelilingi oleh negara-negara lain di Afrika Selatan, dengan wilayah lebih dar 30.000 kilometer persegi dan memiliki populasi penduduk sebanyak dua juta jiwa.

Lihat Juga :

Keberadaan Negara Monarki Konstitusional di Benua Asia

Mengenal 6 Negara Monarki Absolut di Dunia
  
Negara yang memiliki ibu kota di Maseru dan sebagai kota terbesar di kerajaan Lesotho ini, mendeklarasikan kemerdekaannya dari kekuasaan Britania Raya pada 4 Oktober 1966.

Selebihnya Kerajaan Lesotho yang bersistem monarki konstitusional memiliki seorang Raja bernama Letsie III, yang bersifat sebagai Kepala Negara Lesotho dan juga seorang Perdana Menteri yang bernama Tom Thabane, yang memiliki fungsi sebagai Kepala Pemerintahan dan dibantu oleh Parlemen yang didalamnya terdapat Majelis Tinggi yang disebut (Senate) dan Majelis Rendah (Nasional Assembly).

Berbicara tentang negara-negara di Benua Afrika yang berbentuk pemerintahan monarki sebenarnya terdapat 3 negara yaitu Kerajaan Maroko, Kerajaan Lesotho dan Kerajaan Eswatini. 


Namun karena saya hanya membahas Negara berbentuk Monarki Konstitusional, maka Kerajaan Lesotho tidak dibahas dalam uraian ini sebab Kerajaan Eswatini berbentuk Monarki Absolut yang telah saya bahas pada sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel