Sejarah Oligarki dan Tipe-Tipe Oligarki

Oligarki, Istilah ini berasal dari kata Yunani Oligon (sedikit) dan Arkho (memerintah). Oligarki dikenal sebagai bentuk pemerintahan yang didalam kekuasaan politiknya secara langsung di kuasai oleh elit kecil dari masyarakat (Pemerintahan oleh yang sedikit). Misalnya orang yang memiliki kekuatan menurut Kekayaan, Militer dan Darah Biru (keluarga).

Menurut Aristoteles. "Oligarki dari makna literalnya diterjemahkan menjadi 'Kekuasaan Oleh Segelintir Orang'. Dimana menurut Aristoteles oligarki merupakan manifestasi dari Pemerintahan yang buruk karena sifatnya yang elitis dan eksklusif, dimana biasanya oligarki hanya beranggota kaum kaya yang tidak memperhatikan kebutuhan masyarakat secara luas dan membutuhkan".

Dengan demikian, oligarki dapat dapat dikatakan seperti pengendalian atau penguasaan besar atas sumber daya material yang digunakan demi meningkatkan kekayaan kelompok atau pribadi.

Oligark adalah kata sebutan untuk kaum oligarki, kaum oligarki mempertahankan kekayaan dan kekuasaan dengan cara yang beragam. Keragaman tersebut dapat dikategorikan menjadi empat tipe sebagai berikut : 

Tipe-Tipe Oligarki


1. Oligarki Kolektif

Oligarki tipe ini berkuasa secara bersamaan melalui lembaga-lembaga yang berwenang mengadakan atau membuat peraturan. Perbedaan mendasar antara dengan oligarki tipe lain ialah pada wilayah kerja sama. Pada Oligarki kolektif, para oligark bekerja sama untuk mempertahankan kekayaan dan memerintah suatu masyarakat.

2. Oligarki Sipil

Oligarki sipil atau oligarki rakyat ini merupakan oligarki yang secara keseluruhan tidak bersenjata dan tidak berkuasa langsung. Oligarki tipe ini memberikan kekuasaannya pada lembaga-lembaga negara, dimana hukum lebih kuat, karena hak milik dan mempertahankan kekayaan telah dilindungi oleh negara, dengan begitu fokus utama oligark hanya pada pertahankan pendapatan saja, dan biasanya kaum mereka mengelak dari aturan memberikan kembali kekayaan dalam bentuk seperti menolak membayar pajak.

Jika dilihat dari segi negara Indonesia, kaum oligark biasanya memanfaatkan otonomi daerah untuk mempertahankan kekuasaan dan kekayaan mereka dengan cara menguasai pucuk kepemimpinan di suatu provinsi yang sama dan mereka berkuasa dengan metode turun temurun "Politik Dinasti".

3. Oligarki Sultanistik

Oligarki Sultanistik merupakan oligarki yang hanya ada satu oligark yang menjadi pemimpin utama sedangkan yang lainnya "oligark bawahan" hanya menggantungkan serta melindungi hartanya dibawah kekuasaan penguasa utama.

Demi tidak adanya perlawanan dari oligark bawahan, oligark penguasa menggunakan kekuasaannya untuk menekan oligark bawahan, dan untuk oligark bawahan yang ingin mempertahankan kekayaannya mereka menginvestasikan sebagian kekayaan yang dimilikinya kepada oligark penguasa utama. Dari cara begitu, oligark utama berkewajiban melindungi oligark-oligark bawahannya.

4. Oligarki Panglima

Oligarki tipe ini muncul bersamaan dengan peristiwa pemberontakkan yang dimana kental dengan kekerasan, misalnya kaum oligark saling berebut menguasai kekuatan militer sehingga potensi besar perpecahan pasti terjadi. Kaum Oligark dalam Oligarki tipe ini telah ada sejak zaman dahulu dimana terjadi dalam sejarah militer memegang kekuasaan. 

Sejarah Oligarki

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Oligarki dan tipe oligarki. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel