Membaca 5 Cabang Utama Filsafat

Filsafat adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang ada dan yang tidak ada. Filsafat secara harafiah bermakna 'Pecinta Kebijaksanaan'. Dimana filsafat mengkaji tentang persoalan mendasar sampai pada yang umum. Semisalnya membahas terkait apa itu pengetahuan, nilai, akal pikiran, seni dan eksistensi semua yang ada didalam alam semesta.

Secara historis filsafat mencakup inti dari semua pengetahuan. Filsafat sendiri mengalami perkembangan pesat yang ditandai dengan beberapa fase dalam sejarahnya dan dari perkembangan itu, filsafat memiliki corak dan gambaran dalam aspek pemikiran yang begitu luas.

Dari cakupan kajian yang begitu luasnya ini, filsafat telah memiliki kontribusi yang sangat besar khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan. Dalam perkembangannya, Filsafat dikategorikan menjadi 5 cabang filsafat yang juga dipisahkan menjadi sub cabang yang memiliki bidang studi yang lebih spesifik. Adapun kelima cabang-cabang filsafat ialah sebagai berikut:

1. Logika

Logika adalah ilmu yang membahas penalaran, dan penalaran merupakan corak pemikiran khas yang dimiliki manusia dari pengetahuan yang ada, demi mendapatkan pengetahuan lainnya, terutama sarana dalam pemecahan suatu masalah.

Dengan kata lain logi adalah cabang filsafat yang berupaya menyelidiki konsistensi dalam suatu pemikiran, wilayah kerja dalam logika ialah asas-asas yang dimana menentukan pemikiran lurus dan tepat. Dari mempelajari logika diharapkan seseorang akan dapat menarik kesimpulan yang tepat dengan menggunakan asas-asas logika.

Logika dibagi menjadi dua bentuk yaitu, logika tradisional dan logika modern. Logika tradisional adalah logika yang bersumber dari logika Aristoteles dan mempunyai wilayah penerapan dalam menganalisis metafisika, epistemologi dan etika. Sedangkan logika modern adalah buah dari perkembangan logika tradisional yang lebih mengarah pada pembahasan matematika, khususnya logika simbolis. Dimana memiliki wilayah penerapan dalam bidang ilmu seperti psikologi, fisika dan biologi.

2. Metafisika

Metafisika adalah suatu cabang filsafat yang membahas secara sistematis suatu keberadaan atau sesuatu yang ada. Metafisika juga dikenal dengan pembahasan terkait sesuatu dibalik yang tidak tampak atau terlihat secara indra manusia. Metafisika terbagi juga atas dua bagian pembahasan yaitu, Ontologi yang dimana membahas serta menyelidiki inti dari suatu keberadaan dan Kosmologi yang menyelidiki dan mempertanyakan sesuatu yang tidak terlihat secara sadar.

3. Epistemologi

Epistemologi adalah suatu cabang filsafat yang sistematis membahas pengetahuan. Sebagian besar dari semua filsuf mengemukakan bahwa epistemologi merupakan aktivitas penyelidikan filsafati terkait pengetahuan, khususnya kemungkinan-kemungkinan pengetahuan, asal mula pengetahuan, batas-batas pengetahuan, jenis-jenis pengetahuan dan sifat dasar serta kebenaran pengetahuan.

4. Etika

Etika merupakan salah satu cabang filsafat yang memfokuskan diri pada pembahasan terkait tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan baik dan buruk. Objek material etika adalah perbuatan ataupun tingkah laku manusia yang dilakukan secara sadar dan bebas dan objek formal etika adalah kebaikan dan keburukan yang dilakukan oleh manusia. 

Lihat juga : 


6 Cabang Filsafat Secara Umum yang Perlu Diketahui

Apa Perbedaan Filsafat Ketuhanan dan Teologi ?

Etika terbagi menjadi dua bentuk yaitu Etika Umum dan Etika Khusus. Pertama, Etika Umum ialah etika yang berlaku secara universal dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Kedua, Etika Khusus adalah etika yang dibatasi dalam wilayah khusus dalam kehidupan manusia, misalnya.

1. Etika politik, yang berkaitan langsung dengan kehidupan politik pada umumnya.

2. Etika Keperawatan yaitu etika yang bersangkutan dengan dunia kesehatan secara umum.

5. Estetika

Estetika merupakan salah satu cabang filsafat yang membahas terkait keindahan. Objek dasar dari etika ialah pengalaman dan keindahan dalam kehidupan manusia.

Estetika yang pada awalnya hanya dipahami sebagai pengetahuan tentang keindahan, berkembang dengan pesat dan dibedakan menjadi dua yaitu. Pertama, Estetika Filsafati yang menjadi bagian awal dari berdirinya cabang filsafat estetika yang subur pada zaman dulu. 

Membaca Cabang Utama Filsafat

Kedua, Estetika Ilmiah, yang merupakan gambaran perkembangan dari estetika di zaman modern. Dimana keanekaragaman pengetahuan ilmiah telah membentuk keindahan dalam pengetahuan. Seperti sejarah seni, ilmu seni, estetika eksperimental, psikologi estetis, estetika matematis dan lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang cabang-cabang Filsafat. Semoga dapat menjadi pengetahuan baru bagi kita sekalian. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel