6 Cabang Filsafat Secara Umum yang Perlu Diketahui

Filsafat adalah induk dari ilmu pengetahuan ibarat payung dan ilmu-ilmu lain berteduh dibawahnya. Oleh karena itu filsafat kemudian dibagi secara spesifik agar lebih terfokus dalam proses pembelajaran dalam filsafat. Dibawah ini adalah cabang filsafat secara umum karena banyak sekali cabang-cabang filsafat seiring dengan perkemabangan dari pada filsafat itu sendiri.

1. Logika

Nama “logika” pertama kali muncul pada filsuf Cicero (abad ke-1 SM), tetapi dalam arti seni debat. Alexander Aphrodisias (sekitar permulaan abad ke-3 M) adalah orang pertama yang mempergunakan kata “logika” dalam arti ilmu yang menyelidiki lurus tidaknya pemikiran kita. Agar dapat berpikir lurus, tepat, dan teratur, logika menyelidiki, merumuskan, serta menerapkan hokum-hukum yang harus ditepati.

2. Epistemologi (Pengetahuan)

Epistemologi berasal dari kata Yunani, episteme dan logos. Episteme biasa diartikan pengetahuan atau kebenaran dan logos diartikan ilmu. Epistemologi secara etimologi dapat diartikan teori pengetahuan yang benar, dan lazimnya hanya disebut teori pengetahuan yang dalam bahasa Inggrisnya menjadi Theory of Knowledge.

3. Etika (Moral)

Etika secara etimologi berasal dari kata Yunani, yakni ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat. Secara terminology, etika adalah cabang filsafat yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubunganya dengan baik buruk.

4. Estetika (Keindahan)

Estetika berasal dari kata Yunani aestheis atau pengamatan. Adalah cabang filsafat yang berbicara tentang keindahan. Objek dari estetika adalah pengalaman akan keindahan dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang keindahan.

5. Metafisika

Metafisika berasal dari bahasa Yunani, meta yang berarti selain, sesudah atau sebalik, dan fisika yang berarti alam nyata.maksudnya ilmu yang menyelidiki hakikat segala sesuatu dari alam nyata dengan tidak tidak terbatas pada apa yang dapat ditangkap oleh panca indrera saja itulah yang membedakan antara metafisika dan ontologi.

Cabang Filsafat Secara Umum yang Perlu Diketahui

6. Ontologi

Kata ontologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu on yang berarti ada atau keberadaan dan logos yang berarti ilmu. Karena itu, ontologi berarti ilmu tentang ada. Dengan kata lain, ontologi adalah cabang filsafat yang membahas tentang segala sesuatu yang ada atau nampak oleh panca indra. Pembahasan dasar dalam Ontologi adalah hakekat Ada.


Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa filsafat memiliki banyak cabang dan diantara cabang-cabang di atas terdapat juga cabang-cabang lain seperti filsafat manusia, filsafat hukum, filsafat ilmu, filsafat administrasi, filsafat pendidikan, filsafat Islam dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel