5 Tokoh Penting Paham Komunis Dunia

Paham komunis atau Komunisme merupakan paham yang lahir sebagai reaksi terhadap perkembangan masyarakat kapitalis yang terbentuk dari hasil pemikiran orang liberal atau paham liberal.

Menurut paham Komunisme, dari berkembangnya paham individualisme dan liberalisme di Eropa mengakibatkan munculnya masyarakat kapitalis yang menciptakan perbedaan atau kesenjangan sosial dalam bentuk kelas sosial dan berakibat pada penderitaan rakyat kecil oleh kalangan kapitalis yang didukung oleh pemerintah.

Berikut adalah tokoh-tokoh penting yang mendukung dan berkonsentrasi dalam paham perkembangan Komunisme di Dunia sebagai berikut :

1. Karl Marx (1818-1883)

Tentu semua dari kita telah mengetahui jika membahas terkait Paham Komunis tidak bisa terlepas dari seorang Karl Marx. Karena Marx adalah seorang yang meletakkan dasar-dasar pemikiran komunisme secara teoritis.

Letak pemikiran-pemikiran Marx terhadap pembentukan awal pemikiran komunisme tertera pada bukunya yang berjudul Communist Manifesto pada 1847 dan Das Capital di tahun 1862 dimana buku ini yang menjadi bacaan dunia dan sekaligus meletakkan dasar-dasar pemikiran komunisme serta menginspirasi sebagian besar tokoh-tokoh komunis setelahnya.

2. Frederich Engels (1820-1895)

Frederich Engels adalah teman karib dari seorang Marx yang turut menjadi salah satu penulis dalam buku Marx yaitu Communist Manifesto diatas. Engels adalah teman yang turun menyebarkan paham komunis dan membantu dengan membiayai Marx dan keluarga hingga akhir khayatnya.

3. Vladymir Lenin (1870-1924)

Lenin adalah tokoh dan pemimpin partai politik yang mendirikan negara komunis Rusia kala itu. Sebagai penganut aliran pemikiran Marx yang setia, Lenin berhasil meletakkan dasar-dasar politik komunis dalam proses bernegara, yang dikeluarkan pendirinya masih bersifat utopis.

4. Joseph Stalin (1878 - 1953)

Stalin lahir pada tahun 1879 di kota Gori di Georgia, dan sekarang berbatasan dengan Rusia di sebelah Utara dan turki dan Armenia di arah selatan setelah runtuhnya uni Soviet.

Stalin adalah pemimpin uni Soviet selama bertahun-tahun lamanya setelah sepeninggal vladymir Lenin. Stalin masuk partai komunis pada tahun 1903 dan memiliki belum cukup signifikan ketika terjadi revolusi bolshevik dan pada tahun 1922 Stalin baru diangkat menjadi sekretaris jenderal partai komunikasi, dimana kedudukan ini di manfaatkan sebaik-baiknya menuju puncak kekuasaan.

Demi menjaga kekuasaannya, Stalin tidak segan untuk menggunakan kekerasan dan pembunuhan, bukan hanya lawan politik yang berseberangan dengan ideologi komunis tetapi juga terhadap anggota partai komunis yang berbeda kepentingan politik.

5. Mao Tse Tung (1893-1976)

Mao Tse Tung atau lebih dikenal dengan Mao Zedong pada tahun 1921 Mao termasuk dalam 12 orang pendiri partai komunis di China, walaupun karir politik terbilang lambat namun pada tahun 1935 Mao berhasil menduduki puncak kekuasaan sebagai ketua partai komunis China. Mao memimpin partai komunis di China dan memimpin kekuasaan politik di China selama 27 tahun. Selama itu mao mengantarkan partai komunis meraih puncak kejayaan di China dan Mao Tse.

Mao mengantarkan China kepada modernisasi negara China dan mengembangkan pendidikan serta merubah sistem ekonomi negara yang kapitalis menjadi sosialis. Namun secara politik Mao memimpin dengan cara totaliter sepenuhnya.

Maka berbicara terkait komunisme tidak terlepas dari tokoh-tokoh diatas karena merekalah yang secara langsung memperkuat komunis secara pemikiran dan sekaligus menyebabkan terjadinya perluasan wilayah gerakan dengan membentuk kekuasaan komunisme di dunia. 

Tokoh Penting Paham Komunis Dunia

Demikianlah tokoh-tokoh yang dapat diuraikan dalam tulisan ini dan bukanlah akhir dari segala yang ada dalam paham komunis itu sendiri, sebab masih banyak tokoh-tokoh komunis yang harus di ketahui oleh kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel