Apa itu Sejahtera, Sukses dan Bahagia dalam Kehidupan ?

Ada yang mengatakan samudera kehidupan, bahtera kehidupan, dinamika kehidupan dan masih banyak lagi. Pada intinya semuanya tentang lika-liku kehidupan manusia yang beragam diceritakan melalui tulisan.

Mari berkisah tentang kehidupan yang menjadi banyak warna bagi tiap-tiap manusia. Sejahtera, sukses dan bahagia menjadi keinginan bagi semua orang, namun tidak banyak orang yang menikmati itu. Alasannya sederhana yaitu kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan pemahaman yang masih keliru tentang makna sejahtera, sukses dan bahagia itu sendiri.

Sebaik-baiknya menjalani hidup harus dibekali dengan pemahaman yang baik agar setiap langkah kita dapat terarah demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Apa itu sejahtera, sukses dan bahagia ?


Sejahtera yaitu semua kebutuhan primer kita telah mampu terpenuhi dengan baik. Kebutuhan primer yang dimaksud yaitu sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah atau tempat tinggal).

Sukses merupakan fase lebih tinggi dari sejahtera. Jika sejahtera adalah kebutuhan primer maka sukses adalah gabungan antara primer dan sekunder. Kebutuhan sekunder dapat berupa motor, mobil dan lain-lain diluar dari kebutuhan primer.

Bahagia yaitu keadaan dimana perasaan merasa senang. Perasaan seperti ini dapat lahir ketika kita terbebas dari beban pikiran yang berlebihan. Bahagia merupakan puncak rasa tertinggi dari sejahtera dan sukses.

Namun, orang yang terlihat sejahtera dan sukses belum tentu bahagia. Kenapa ? karena bisa saja benda-benda yang bersifat sekunder tadi masih dalam angsuran atau hutang. Dengan begitu konteks bahagia belum dirasakan karena masih ada tekanan-tekanan finansial yang harus dibayarkan. Singkatnya bahagia itu hidup tanpa tekanan apapun termasuk hutang. 

Untuk mencapai fase-fase di atas sampai pada titik bahagia, kita harus memiliki master pland kehidupan atau perencanaan induk untuk masa depan. Apa saja yang harus dilakukan saat ini dan bagaimana caranya, semua diimbangi dengan perubahan karakter diri yang harus semakin baik.

Apa master pland anda kedepan ?
Bagaimana cara mencapainya ?

Mengutip istilah banyak jalan menuju Roma, namun kita harus mampu mencari jalan mana yang cepat untuk sampai di Roma. 

Artinya semua ingin bahagia tapi setiap orang memerlukan waktu yang berbeda-beda. Ada yang cepat, lambat dan lamban.

Fenomena karakter manusia kadang terlihat lucu. Misalnya mengeluh ketika belum kerja namun setelah mendapatkan pekerjaan malah menjadi malas atau tidak bersungguh-sungguh dalam bekerja demi pencapaian target dari pekerjaan itu sendiri. Lucunya, orang-orang seperti itu kemudian banyak membahas tentang kesuksesan tapi tidak bekerja keras.

Apa itu Sejahtera, Sukses dan Bahagia dalam Kehidupan ?

Hidup tetaplah sebuah gerakan maju mengikuti alur waktu. Tentukan tujuan anda, harapan yang ingin dicapai dan seriuslah mengatur langkah untuk mencapainya dengan penuh keseriusan dan santai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel