Penyebab Channel Youtube Ditolak Monetisasi Pihak Youtube

Pada tulisan saya yang lalu, telah saya sampaikan kepada pembaca sekalian bahwa channel youtube Ato Basahona telah mencapai 1000 subscribe dan 4000 jam tayang. Channel tersebut sudah saya daftarkan ke youtube untuk ditinjau agar dapat dimonetisasi dan mulai menghasilkan uang dan saya juga akan menyampaikan hasilnya peninjauan apakah lolos diterima monetisasi atau tidak.

Baca juga : Akhirnya 1000+ Subscribe dan 4000+ Jam Tayang di Channel Youtube

Akhirnya setelah seminggu menunggu hasil peninjauan pihak youtube, ternyata channel saya belum memenuhi persyaratan untuk diterima monetisasi karena melanggar ketentuan mitra youtube. Penjelasan itu di sampaikan melalui email penolakan.

Bagi anda seorang youtuber yang mendaftarkan channelnya untuk ditinjau akan mendapatkan hasilnya melalui email, apakah ditolak atau diterima, apa bila ditolak maka kita akan diberikan kesempatan selama 30 hari untuk memperbaiki channel kita dari pelanggaran dan mendaftarnya kembali.

Saran dari pihak youtube, sebelum mendaftar kembali agar mengedit atau menghapus video yang melanggar ketentuan pedoman youtube agar channel youtube kita dapat diterima untuk dimonetisasi.

Penyebab Channel Youtube Ditolak Monetisasi Pihak Youtube

Penyebab Channel Youtube Ditolak Monetisasi Pihak Youtube


Pada channel youtube saya, ada 2 kesalahan utama yang menyebabkan ditolak monetisasi menurut saya yaitu ada video klaim hak cipta dan komentar SPAM.

1. Video Klaim Hak Cipta

Ini bukan faktor kesengajaan karena ada satu video saya ambil saat seorang penyanyi sedang show dan lagunya mendaptkan klaim hak cipta di video saya. Namun video tersebut saya biarkan tanpa menghapusnya sehingga menjadi penyebab ditolak monetisasi.

Bagi sesama youtuber pemula, sebelum mendaftarkan channel anda, harap perhatikan video-video yang kena hak cipta agar diedit atau dihapus sesuai anjuran pedoman youtube.

2. Komentar SPAM

Komentar SPAM atau sampah ini saya ketahui saat mencari informasi di youtube, ada sebagian youtuber yang menyampaikan agar menghapus komentar-komentar SPAM sebelum mendaftarkan channel karena salah satu ketentuan kebijakan youtube yaitu tidak adanya komentar atau link aktif yang terdapat di channel youtube kita.

Masih banyak penyebab lainnya seperti video reupload, musik berhak cipta dan lain sebagainya. Namun 2 penyebab ini yang hanya terdapat di channel saya. Mungkin channel anda akan lebih banyak penyebabnya. Saran saya, baca dan lihat penjelasan dari youtuber lain lebih banyak sebelum mendaftarkan channel anda untuk dimonetisasi.

Penyebab Channel Youtube ditolak Monetisasi Pihak Youtube 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel