Mengenal Istilah Terkait Virus Corona (MM, OTG, ODP, PDP, POSITIF)

Istilah Terkait Virus Corona (MM, OTG, ODP, PDP, POSITIF) - Virus corona atau COVID-19 kini menjadi masalah di seluruh dunia. Wabah yang berasal negara Cina (Wuhan) ini makin menyebar dan menginfeksi orang-orang di negara lain.

Virus corona menjadi bahan perbincangan dan pencegahan di seluruh negara termasuk Indonesia. Semua orang dianjurkan untuk lebih berdiam di rumah dari pada di luar rumah, karantina wilayah juga dilakukan oleh sebagian pemerintahan tingkat kabupaten kota dan semua orang dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial (social distancing).

Semua warga masyarakat dihimbau untuk melawan corona melalui pemutusan mata rantai atau penyebaran virus ini dengan mengikuti himbauan pemerintah seperti menggunakan masker ketika keluar rumah, pembatasan sosial, menjaga kebersihan (mencuci tangan, memberishkan lingkungan tempat tinggal dan lain-lain).

Agar kita dapat mencegah atau melawan virus corona ini maka semua warga masyarakat perlu mengenal lebih banyak tentang virus corona ini. Banyak sekali penjelasan atau pengetahuan terkait virus corona terutama istilah-istilah yang sering kita dengar dalam penanganan virus corona.

Baca juga : Belajar Tentang Virus Corona dari Drh. Indro Cahyono (Pakar Virus)

Ada beberapa istilah yang selalu kita dengar dan baca selama masa pencegahan virus corona seperti MM, OTG, ODP, PDP dan POSITIF.

Istilah Terkait Virus Corona (MM, OTG, ODP, PDP, POSITIF)


Berikut beberapa istilah-istilah terkait virus corona :

Mengenal Istilah Terkait Virus Corona (MM, OTG, ODP, PDP, POSITIF)

MM ( Monitoring Mandiri)

Monitoring mandiri artinya orang yang baru tiba dari tempat dan telah mendapatkan pemeriksaan oleh tim medis lalu dinyatakan sehat. Namun, untuk berjaga-jaga mereka diharuskan untuk karantina mandiri selama 14 hari.

OTG (Orang Tanpa Gejala)

Orang tanpa gejala ini termasuk juga mereka yang baru datang dari tempat lain atau orang yang tidak melakukan perjalanan ke luar daerah dan sudah melakukan pemeriksaan lalu dinyatakan tidak ada gelaja apa-apa.

ODP (Orang Dalam Pemantauan)

Orang dalam pemantauan artinya seseorang baru tiba dari luar daerah dan memiliki gejala seperti batuk, pilek atau demam.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

Pasien dalam pengawasan artinya orang yang memiliki gejala-gejala yang masuk dalam kategori terinfeksi virus corona dan berada dalam tahap pemeriksaan darah atau menunggu hasil pemeriksaan apakah positif atau negatif.

POSITIF (Orang yang terinfeksi virus corona )

Positif berarti orang yang telah dinyatakan positif melalui hasil tes darah yang dilakukan oleh medis.

Demikian Istilah Terkait Virus Corona (MM, OTG, ODP, PDP, POSITIF) semoga menjadi pengetahuan dan bermanfaat di situasi dan kondisi virus corona.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel