Apa Nama Ilmiah Tanaman Padi ?

Apa Nama Ilmiah Tanaman Padi ? – Tanaman padi merupakan salah satu tanaman pokok di Indonesia karena negara Indonesia sendiri terkenal dengan sebutan negara agraria atau negara yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian petani. Tanaman padi banyak ditemukan di daerah pedesaan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Selain menjadi tanaman yang banyak ditanami di Indonesia dan juga menjadi kebutuhan pokok, padi sangat terkenal dengan sebutan yang juga disebut dalam filosofi dan semua orang mengetahui hal itu “ Semakin meninggi semakin merunduk “.

Nama ilmiah tanaman Padi termasuk dalam Kode Internasional Tata Nama Tumbuhan (KITT), KITT merupakan tata nama yang digunakan skala internasional di seluruh dunia. Nama tanaman menggunakan sistem Binomial yaitu menggunakan dua kata pada penamaan makhluk hidup dua kata tersebut diambil dari tingkat genus dan spesies menurut sistem klasifikasi makhluk hidup.

Baca juga : Apa Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman ? Jangan Salah Sebut

Aturan tata nama binomial sendiri pertama kali dikemukakan oleh Carolus Linnaeus. Oleh karena nama ilmiah Padi atau nama latin tanaman padi kita kenal dengan Oryza sativa L.

Dalam sistem penamaan tanaman yang menggunakan dua kata menjelaskan bahwa kata pertama (Oryza) merupakan nama genus dan kata kedua (sativa) sedangkan L merupakan nama penemu tanaman apdi tersebut.

Baca juga : 4 Cara Cepat Mengingat Nama Ilmiah Tumbuhan Dengan Mudah

Padi termasuk dalam tanaman berumur pendek kurang lebih satu tahun dan berproduksi satu kali. Setelah dipanen padi tidak akan tumbuh seperti semula tetapi akan mati.

Klasifikasi tanaman padi :

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Monocotyledoneae,

Ordo : Poales

Famili : Graminae/Poaceae

Genus : Oryza

Spesies : Oryza sativa L.

Apa Nama Ilmiah Tanaman Padi

Itulah penjelasan tentang Nama Ilmiah Tanaman Padi semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel