6 Fungsi akar Tumbuhan Dan Penjelasannya

Fungsi akar Tumbuhan Dan Penjelasanya - Akar pada tumbuhan terdapat struktur akar tumbuhan dan bagian-bagiannya yang berbeda termasuk juga tipe-tipe perakaran pada tumbuhan. Tumbuhan yang tumbuh baik ditandai oleh berjalannya fungsi akar secara baik pula. Bagi tumbuhan akar adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan karena tanpa akar proses fotosintesis untuk memproduksi karbohidrat dan energi tidak akan bisa berjalan.

Oleh karena itu akar memiliki fungsi dan peranan yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Berikut adalah 5 fungsi akar bagi tumbuhan, antara lain :

1. Untuk pernapasan tumbuhan

Akar pada tumbuhan berfungsi juga untuk pernapasan, hal ini dapat kita lihat pada kategori akar tumbuhan yang salah satunya disebut akar nafas, merupakan akar yang muncul di atas permukaan tanah. Contohnya tumbuhan mangrove yang memiliki akar menggantung.

2. Menyerap oksigen dari udara

Akar yang berada di permukaan tanah atau menggantung itulah yang berfungsi untuk menyerap oksigen dari udara.

3. Membantu tumbuhan agar dapat berdiri kokoh di dalam tanah

Akar tumbuhan ibarat telapa kaki manusia, manusia akan kesulitan berdiri dengan baik jika tidak memiliki telapak kaki. Begitulah fungsi akar tumbuhan agar tumbuhan dapat tumbuh tegak.

4. Menyerap air dari tanah

Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik maka tumbuhan membutuhkan air sebagai zat pengangkut makanan yang nantinya diserap oleh jaringan tumbuhan.

5. Menyerap unsur hara dari tanah

Sama seperti menyerap air, akar juga berfungsi untuk menyerap hara dalam tanah. Unsur hara sebagai makanan bagi tumbuhan untuk dapat tumbuh. Hara akan diangkut bersama dengan air ketika akar menyerap air dari dalam tanah. 


6. Tempat hidup biota laut

Fungsi akar pada tumbuhan mangrove juga sebagai tempat hidup biota laut seperti ikan, udang atau kepiting. Jika anda pernah masuk ke dalam hutan mangrove maka anda akan temukan ada biota-biota laut yang hidup di akar magrove.

Itulah 6 Fungsi akar Tumbuhan Dan Penjelasanya, namun jika ada tambahan dari anda silahkan dilengkapi agar semakin bertambahnya pengetahuan kita terkait dengan fungsi akar pada tumbuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel