Contoh Proposal Penelitian Pengaruh Pemberian Pupuk Daun (Baifolan) Terhadap Pertumbuhan Bibit Gmelina

Gmelina (Gmelina arborea Roxb) merupakan salah satu genus dari family Verbenaceae, Gmelina meliputi 33 jenis salah satu jenis diantaranya Gmelina Arborea, jenis ini sudah banyak di tanam secara luas sejak puluhan tahun yang lalu. Di negri asalnya yaitu, Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, Srilangka,Myanmar.

Gmlina tumbuh alami secara berkelompok atau tersebar dengan jenis lainnya. Pada iklim basah, seperti di Myanmar dan Bangladesh, tumbuh selalu hijau(evergreen) tetapi di daerah kering seperti India tengah akan menggugurkan daun (decideuous).Tanaman Gmelina termasuk tanaman introduksi yang dapat di terima masyarakat karena karakter sifat tumbuh dan keserbagunaanya terutama sebagai pakan ternak.Sebagai tanaman konservasi Gmelina memiliki prospek yang baik untuk di kembangkan di lahan marginal beriklim kering.

Di Indonesia, tanaman gmelina secara khusus berpotensi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,pedagang, dan industri pengolahan. Secara umum berperan dalam pembangunan daerah dan nasional. Gmelina danhasil olahannyamemilikiwilayah pemasaranyang luas, di luar maupu di dalam negeri.(Saefudin dan Efrida 1995)

Jenis Gmelina sudah di tanam luas di berbagai negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Gmelina merupkan tanaman yang memiliki berat 0,42 dan tertinggi 0,61 dari 5 jenis kelas awet IV-V dan kelas kuat (III -IV).Dan penggunaanya jenis ini bisa dapat di gunakan untuk bahan baku industry perkayuan seperti papan, kayu lapis, korek api peti kemas, pulp, kertas karft,foring, venner dan kayu bakar, bahkan di Gambia menhasilkan madu dengan kualitas yang cukup baik.Sebagian masyarakat sudah menggunakanya untuk bagian rumah. 

Gmelina merupakan jenis tanaman yang tidak rewel, artinya dengan perwatan minimal maka tanaman Gmelina bisa dapat tumbuh dengan baik dan juga bisa dapat di panenen pada umur 8- 10 tahun.Karena kayu gmelina dapat di manfaatkan untuk multi produk, maka jenis ini di Indonesia dikembangkan pada tanaman pokok pada Hutan Tanamn Industri, (HTI) Hutan Tanaman Rakyat, (HTR) dan Hutan Kota, (HK). Tanaman Gmlina mudah tumbuh di berbagai tempat dan berbagai jenis tanah. (Kosasih, 2013).

Pembibitan tanaman merupakan salah satu tahap budidaya Jati yang turutmenentukan dan memperoleh kualitas kayu jati yang baik. Pembibitan tanaman ini penting karena kualitas kayu Jati yang baik akan di hasilkan dari bibit tanaman yang baik pula. Bibit tanaman yang baik memiliki beberapa keungulan sifat genetik, seperti tanaman yang memiliki vigor tinggi, kuat terhadap serangan hama dan penyakit, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan( Purwanta dkk, 2015)

Pupuk daun Baifolan merupakan pupuk anorganik makro dan mikro, berbentuk cair yang lengkap sebagai bahan makan secara foliar dan akar, cocok untuk tanaman agrikultural dan holtikultural serta tanaman hias. Kandungan unsur hara yang ada pada pupuk daun Baifolan sebagai berikut, N 11% P 10 % K 6% dan unsur hara mikro lainya yang melengkapi yaitu : Fe, Mn, Cu, Zn, Co, No,.(Sutedjo 2010).Pupuk daunBaifolan dapat di tolerir dengan baik oleh tanaman dan dapat di gunakan bersamaan dengan aplikasi insektesida dan fungsida kecuali campuran alkalis seperti belerang atau kapur. 

Contoh Proposal Penelitian Pengaruh Pemberian Pupuk Daun (Baifolan) Terhadap Pertumbuhan Bibit Gmelina

Pupuk daun Baifolan bisa dapat di larutkan lansung kedalam air larutan Baifolan tidak memperlihatkan endepan sehingga tidak menyumbat pada alat semprot dan dapat dipergunakan dengan segala jenis alat-alat penyemprotan dan irigasi (springkler).Apabila sudah tercampur segra di semprotkan, untuk tanaman yang menunjukan gejala kekerungan magnesium dapat ditambahkan larutan magnesium sulfat pada larutan Baifolan sejauh tidak mengganggu (compatible) pestesida yang di larutkan bersama.

Warna cairannya hijau agak kehitam- hitamanagar diperoleh hasil yang baik, maka perlu digunakan dosis pupuk yang tepatsesuai dengan kebutuhan tanaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh pemberian pupuk daun Baifolan terhadap pertumbuhan bibitGmelina arborea dengan konsentrasi yang tepat.

Download Contoh Proposal Penelitian Pengaruh Pemberian Pupuk Daun (Baifolan) Terhadap Pertumbuhan Bibit Gmelina ( Di Sini )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel