Contoh Proposal Penelitian Aplikasi Pupuk Daun Gandasil Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon Merah

Kebutuhan akan kayu di Indonesia setiap tahunnya meningkat dapat mencapai sekitar 60 juta m3 per tahun, pada tahun 2000 produksi kayu dari hutan alam sebesar 80 juta m3 dan pada tahun 2008 produksi dari hutan alam menurun, hanya dapat memproduksi 50 juta m3. 

Oleh karena itu perlu adanya pembangunan hutan tanaman, baik hutan tanaman industri (HTI) maupun hutan rakyat yang merupakan program pengelolahan hutan yang sangat penting sebagai salah satu sasaran untuk memenuhi kebutuhan kayu bagi keperluan domestik dan global. 

Jabon merah merupakan salah satu jenis unggulan yang dapat dikembangkan melalui hutan tanaman industri maupun hutan rakyat akan tetapi teknik silvikulturnya masih terbatas sehingga perlu untuk dikembangkan. 

Jabon merah merupakan pohon yang memilik pertumbuhan yang termasuk cepat dibandingkan dengan jenis-jenis pohon lainnya. Jabon merah memiliki keunggulan dibandingkan dengan jabon putih yaitu kayunya lebih keras, jika dibandingkan dengan sengon jabon lebih tahan terhadap hama dan penyakit. 

Agar menghasilkan jabon yang berkualitas dengan pertumbuhan yang cepat serta tinggi batang bebas cabang yang baik, maka diperlukan juga bibit yang baik. Untuk memperoleh bibit jabon yang baik maka diperlukan pemberian pupuk yang merupakan bagian dari proses pemeliharaan.

Pemupukan pada bibit jabon sangat diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan serta meningkatkan kualitas bibit, salah satu pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk daun. Pemberian pupuk daun dapat menunjang pemberian pupuk akar. 

Pemberian pupuk lewat daun mempunyai beberapa keuntungan seperti cepat dan mudah diserap oleh tanaman, kandungan unsur haranya lengkap dan tidak merusak struktur tanah serta berperan dalam pertumbuhan vegetatif. 

Contoh Proposal Penelitian Aplikasi Pupuk Daun Gandasil Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon Merah

Agar diperoleh hasil yang baik, maka perlu digunakan dosis pupuk yang tepat, sesuai dengan kebutuhan tanaman, oleh karena itu sangat perlu untuk dilaksanakannya penelitian mengenai pengaruh pemberian pupuk daun terhadap pertumbuhan bibit jabon dengan dosis atau konsentrasi yang berbeda.

Download Contoh Proposal Penelitian Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon Merah ( Di Sini )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel