Jangan Asal Menggunakan Gambar Bebas Hak Cipta di Blog, Lakukan Hal Ini !

Postingan kali masih tentang dunia blogger, bagi seorang blogger yang aktif mengelola blog seharusnya menggunakan gambar milik sendiri. Namun pada kenyataannya banyak juga para blogger yang menggunakan gambar ilustrasi yang diambil dari situs yang bertebaran di google.

Menggunakan gambar milik orang pada postingan blog juga tidak etis karena bisa saja pemilik gambar tersebut mengklaimnya, baik secara langsung maupun melalui google sehingga blog kita akan berdampak buruk di pencarian google karena menggunakan gambar milik orang lain.

Apa lagi bagi blogger yang bergabung di google adsense, menggunakan gambar milik orang lain sangat rentan terhadap penilaian google adsense dan perkembangan blog itu sendiri sehingga perlu hati-hati dalam membuat postingan agar tidak melanggar kebijakan dan persyaratan google adsense.

Dengan begitu sehingga laris situs-situs penyedia gambar bebas hak cipta yang sangat banyak digunakan untuk keperluan postingan blog. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan gambar bebas hak cipta dapat membaca postingan saya sebelumnya.

Baca : 2 Cara Mendapatkan Gambar Bebas Hak Cipta Secara Gratis di Internet Untuk Blogger

Namun menurut saya menggunakan gambar bebas hak cipta dari situs-situs penyedia juga belum tentu aman dan baik di mata google, kenapa ?

Karena gambar-gambar tersebut juga sudah banyak digunakan atau dipakai oleh blogger lain pada postingan blog mereka. Hal ini menyebabkan sistem google akan menganggap bahwa kita mengambil gambar tersebut dari blog sebelumnya yang sudah memakai pada postingan mereka.

Jadi, apa solusinya ?

Solusinya yaitu dengan mengambil gambar bebas hak cipta dari situs penyedia tapi jangan langsung digunakan melainkan editlah terlebih dahulu karena gambar bebas hak cipta dapat kita rubah sesuai keinginan kita dan tindakan tersebut tidak melanggar ketentuan yang dibuat oleh situs penyedia gambar tersebut.

Ketika gambar bebas hak cipta telah didownload, editlah sebelum dimasukkan pada postingan blog. Edit sedikit warna dan bila perlu tambahkan sedikit tulisan agar berbeda dengan blog-blog lain yang sudah menggunakan gambar yang sama tersebut.


Anda dapat menggunakan aplikasi photoshop untuk merubah warna dan menambahkan sedikit tulisan. Untuk menggunakan photoshop demi keperluan tersebut juga sangatlah mudah, tidak harus mahir menggunakan photoshop.

Jadi mulai saat ini biasakan mengedit sedikit gambar bebas hak cipta yang akan digunakan sebelum memasukkannya ke dalam postingan blog. Semoga informasi ini bermanfaat bagi blogger yang belum tahu.

Jika ada yang masih bingung, silahkan berkomentar di bawah untuk saya tanggapi lebih jauh lagi.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Asal Menggunakan Gambar Bebas Hak Cipta di Blog, Lakukan Hal Ini !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel