Pengalaman Memiliki Blog 2 Bahasa (Inggris dan Indonesia)

Kemarin ada seorang blogger yang bertanya di grup media sosial tentang bagaimana pengaruhnya jika menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan inggris dalam satu blog, apakah perpengaruh atau tidak terhadap peningkatan penghasilan google adsense ?

Pertanyaan itu sudah beberapa ditanyaka oleh blogger di grup, namun saya belum memberikan komentar dan kemarin ada yang bertanya seperti itu karena seorang blogger memposting jumlah traffic dari sebuah blog 2 bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

Dari pertanyaan seperti itulah sehingga muncul ide untuk menulis tentang pengalaman saya ketika menggunakan bahasa Indonesia dan inggris dalam satu blog beberapa tahun lalu.

Alasan menggunakan 2 bahasa di blog


Pemain google adsense pasti mengetahui jika nilai klik atau penghasilan adsense yang sangat tinggi dan menggiurkan berada pada blog-blog luar negeri atau blog berbahasa inggris sedang nilai klik atau CPC di Indonesia rata-rata sangat kecil 100 - 1000, jika ada yang lebih dari seribu berarti cukup paham tentang bagaimana cara meningkatkan CPC adsense di Indonesia.

Baca : 8 Cara Meningkatkan Cost Per Click (CPC) Adsense Hingga 1000+ Versi Ato Menulis

Karena besarnya penghasilan blog bule sehingga ada sebagian blogger Indonesia yang membuat blog dengan isi artikel berbahasa Inggris demi mendapatkan pengahasilan yang besar dari google.

Bahkan ada juga blog yang awalnya menggunakan bahasa Indonesia mulai membuat 2 bahasa dalam 1 blog. Demi mendapatkan pengunjung luar negeri dan berdampak pada meningkatnya penghasilan adsense.

Pengalaman memiliki blog 2 bahasa 


Dulu saya juga membuat blog 2 bahasa, awalnya hanya berbahasa Indonesia tapi karena tergiur dengan penghasilan blog berbahasa Inggris akhirnya jadilah blog 2 bahasa.

Bagaimana hasil blog 2 bahasa ?


Kesimpulanya tidak baik menurut pengalaman saya karena pengunjung tidak akan nyaman ketika melihat satu blog yang memiliki bahasa berbeda. Jumlah pengunjung blog menurun drastis setelah menggabungkan bahasa artikel bahasa Inggris ke dalam blog Indonesia.

Google webmaster akan mengalami error pada bahasa dan negara karena 2 bahasa dalam 1 blog

Pengalaman Memiliki Blog 2 Bahasa (Inggris dan Indonesia)

Menurut saya terjadi penurunan traffic blog karena penargetan internasional yang bermasalah sebab google webmaster akan mengindeks blog kita berdasarkan bahasa dan negara yang kita pilih. Sementara kita hanya boleh memilih satu negara dan bahasa.

Baca : Cara Mengatur Target Bahasa dan Negara Blog di Webmaster Versi Baru

Jadi saran saya bagi anda yang mau memakai 2 bahasa dalam 1 blog untuk berpikir secara matang karena bisa saja hal yang terjadi kepada saya bisa juga terjadi kepada anda yaitu terjadi penurunan traffic atau pengunjung blog.

Buat saja 2 blog berbeda, yang satu menggunakan bahasa Indonesia dan satunya bahasa inggris agar lebih maksimal dan efektif dalam mengatur penargetan negara dan bahasa di webmaster tools sebagai tools google yang dapat membantu blog kita mendapatkan banyak pengunjung.


Jika anda bertanya baik atau tidak menggunakan blog 2 bahasa ? maka berdasarkan pengalaman pribadi saya katakan jangan atau tidak baik untuk perkembangan blog ke depan nanti.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Memiliki Blog 2 Bahasa (Inggris dan Indonesia)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel