Cara Menghitung Luas Lokasi Menggunakan Google Earth di Laptop/Komputer

Cara Menghitung Luas Lokasi - Bagi anda yang suka berpetualangan atau menjelajah sebuah lokasi seperti gunung dan hutan, dapat melakukan banyak persiapan yang termasuk juga mengetahui luas lokasi tersebut untuk dijelajah. Bagi mahasiswa yang disiplin ilmunya berhubungan dengan pemetaan juga dapat menggunakan google earth untuk menhitung luas lokasi serta mambuat poligon seperti mahasiswa kehutanan, pertanian, geografi, teknik tata kota, sipil dan geodesi.

Google earth dan google maps merupakan aplikasi yang sudah sering dilihat oleh banyak orang baik di komputer dan di HP android. Google earth memberikan manfaat kepada kita untuk dapat mengetahui suatu lokasi seperti hutan, desa, rumah, kebun dan seluruh wilayah di dunia. Jadi dengan google earth kita dapat mengetahui suatu lokasi melalui citra satelit dengan baik sebelum melakukan perjalanan menuju lokasi tersebut.

Baca juga : Cara Mengetahui Titik Macet di Jalan Raya Menggunakan Google Maps di HP

Mengitung luas suatu lokasi atau areal tertentu juga berhubungan dengan dunia pekerjaan seperti Dinas Pekerjaan Umum, Badan Pertanahan, Dinas Tata Kota, Balai Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan.

Saya biasanya menggunakan aplikasi ArcGIS (aplikasi membuat peta) untuk menghitung luas suatu areal, namun bagi masyarakat pada umumnya aplikasi google earth sangat mudah digunakan tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Cara Menghitung Luas Lokasi Dengan Google Earth


Anda dapat mendownload aplikasi google earth secara gratis di internet, meskipun ada versi premiumnya namun yang gratis sudah cukup untuk digunakan. Setelah berhasil di download kemudian instal di laptop/komputer anda.

Buka google earth kemudian cari lokasi yang akan dihitung luasnya. Pilih menu tambahkan poligon di bagian kiri atas.

Cara Menghitung Luas Lokasi Menggunakan Google Earth

Selanjut tulis nama poligon yang akan dibuat, kemudian mulai buat garis mengikuti batas lokasi yang akan dihitung dengan cara mengklik secara bertahap atau digitasi. Jika sudah selesai digitasi, klik OK



Poligon telah jadi berarti luas lokasi juga sudah tersedia untuk diketahui.

Silahkan lihat panjang garis poligon dan luas lokasi pada menu pengukuran maka akan terlihat dengan jelas luas lokasi.


Untuk satuan garis keliling dan luas lokasi anda dapat memilih atau merubahnya, namun biasanya luasan memang menggunakan satuan hektar sedang keliling dapat menggunakan satuan meter atau kilometer.

Mudahkan ! cara menghutung luas lokasi tertentu hanya dengan menggunakan google earth. Semoga bermanfaat bagi anda yang suka membuat peta dan melakukan perjalanan.

Jika ada yang masih bingung, dapat melihat video tutorialnya di bawah ini :

Cara Menghitung Luas Lokasi Menggunakan Google Earth di Laptop/Komputer

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Luas Lokasi Menggunakan Google Earth di Laptop/Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel