Cara Membuat Anti Copy Paste (COPAS) Artikel Blog Kita

Cara Membuat Anti Copy Paste (COPAS) - Blog/website merupakan sebuah wadah dimana orang-orang mendapatkan segala macam informasi yang ditulis oleh admin atau blogger sebagai pengelola atau pemilik blog tersebut.

Dunia blogger tidak seindah yang dibayangkan, mungkin bagi orang-orang yang bukan sebagai blogger tidak akan berpikir tentang masalah terkait copy paste (COPAS) ini tapi bagi kami sesama blogger sangat memahami betapa kerasnya persaiangan yang tidak sehat antara sesama blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Copy paste (COPAS) menjadi istilah yang sangat dibenci oleh blogger karena artikel atau postingan-postingan blog kita dicopy mentah-mentah oleh blogger lain dan disalin ke blog mereka tanpa mencantumkan sumbernya.

Dari tindakan buruk COPAS inilah sehingga anda akan temui ada sebagian blog yang tulisannya tidak dapat dicopy oleh pengunjung, mereka menjaga konten mereka agar tidak diambil oleh tangan-tangan blogger lain yang tidak bertanggungjawab.

Jika anda juga seorang blogger dan ingin agar postingan blog anda tidak bisa dicopas oleh blogger lain maka dapat menerapkan cara ini dengan memasang script anti Copy Paste di HTML blog anda dengan sangat mudah. Meskipun banyak cara yang dapat dilakukan oleh para COPASER (orang yang COPAS) tapi minimal ada tindakan pencegahan oleh kita di blog.

Cara Membuat Anti Copy Paste (COPAS) Artikel Blog


Kita dapat menggunakan kode atau script anti COPAS yang dipasang di dalam HTML tema blog. Anda tak perlu bingung membuat scriptnya karena sudah tersedia, cukup disalin dan letakkan pada HTML blog.

Masuk ke edit HTML blog anda dan cari kode .post-body agar mempermudah tekan CTRL + F dan ketikkan di kolom pencarian

Cara Membuat Anti Copy Paste (COPAS) Artikel Blog Kita

Silahkan copy script anti COPAS di bawah ini dan letakkan tepat di atas kode .post-body (perhatikan gambar di bawah)

.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}



Terakhir, simpan perubahan

Coba buka salah satu postingan blog dan coba copy tulisannya, jika tidak bisa berarti anda telah berhasil menerapkan kode anti COPAS di blog sehingga artikel anda tidak bisa dicopy oleh orang blogger lain yang sering melakukan copy paste.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Anti Copy Paste (COPAS) Artikel Blog Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel