Cara Mengetahui Tulisan Duplikat (Double) di Microsoft Excel serta Memperbaikinya

Cara Mengetahui Tulisan Duplikat di Excel - Microsoft excel merupakan aplikasi yang sangat populer digunakan untuk bekerja pada kantor-kantor pemerintahan, swasta, mahasiswa, siswa sampai ke masyarakat umum. Meskipun mulai bermunculan aplikasi-aplikasi yang mirip dengan MS excel tapi belum mampu untuk membuat banyak para pengguna excel untuk menggunakannya.

Microsoft excel sangat membantu untuk menghitung angka, membuat tabel, grafik dan daftar nama. Bahkan masing banyak lagi manfaat excel yang dapat kita peroleh ketika menggunakannya untuk bekerja. Pada postingan ini saya akan memberikan cara mengetahui tulisan-tulisan yang double atau duplikat yang tidak sengaja kita tulis tanpa diketahui di excel.

Misalnya kita membuat sebuah daftar nama atau tabel menggunakan MS excel, tanpa sengaja ada nama yang ditulis lebih dari satu kali dan daftar tersebut sangat banyak jumlahnya. Maka kita akan kesulitan untuk mendeteksi mana nama yang duplikat untuk dihapus.

Pada fitur atau menu excel pada dasarnya sudah tersedia untuk kita gunakan mendeteksi tulisan yang duplikat, hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Menu tersebut yaitu contidional formatting


Cara mengetahui tulisan duplikat di excel dan memperbaikinya


Buka file excel yang dibuat daftar nama atau tulisan lain tersebut, lalu blok semuanya dan klik menu contidional formatting di bagian atas

Cara Mengetahui Tulisan Duplikat di Microsoft Excel

Pada menu contidional formatting 


Selanjut akan muncul menu pilihan warna untuk tulisan yang terjadi duplikat pada daftar tabel, atas beberapa pilihan warna seperti merah, kuning dan hijau. Anda dapat memilih sesuai warna keinginan anda. Selanjut klik OK


Perhatikan di tabel semua tulisan yang duplikat atau double akan berwarna merah karena pada contoh ini saya memilih merah. 


Cara Memperbaiki Tulisan Duplikat di Excel Secara Cepat


Sudah terlihat tulisan duplikat berwarna merah, jadi untuk memperbaikinya dengan cara melihat salah satu tulisan yang sama lalu dihapus, dengan begitu warna hilang pada tulisan tersebut akan hilang.

Lakukan seterusnya pada kalimat atau kata-kata yang mengalami duplikat sampai semua warna merah hilang.

Video Cara Mengetahui Tulisan Duplikat (Double) di Microsoft Excel serta Memperbaikinya

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Tulisan Duplikat (Double) di Microsoft Excel serta Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel