Tips, Cara dan Trik Berpeluang Besar Lulus Tes CPNS 2019

Pendaftaran CPNS akan segera dibukan pada bulan Oktober 2019 dan prosesnya akan berlangsung sampai tahun 2020. Sesuai dengan jadwal pelaksanaan CPNS yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu pada bulan Oktober ditetapkan formasi dan pengumuman pendaftaran, pada bulan November pembukaan pendaftaran, pengumuman hasil seleksi administrasi pada Desember 2019 sedangkan Januari 2020 akan pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan akan berlangsung sampai April 2020 untuk integrasi nilai SKD dan SKB.


Dalam melakukan tes CPNS di tahun 2019 ini, kita harus mempersipkan diri kita secara fisik dan mental sehingga mampu memiliki peluang besar untuk lulus menjadi CPNS. Setiap orang-orang pasti memiliki cara, trik dan tips masing-masing yang dilakukan agar dapat lulus menjadi CPNS.

Maka bagi anda yang akan mengikuti proses seleksi CPNS di tahun 2019 ini juga harus memiliki kita trik dan cara tersendiri untuk bersaing dalam ratusan ribu orang untuk menjadi yang terbaik sehingga lulus menjadi CPNS.

Tips, Cara dan Trik Lulus Tes CPNS 2019


Tips pertama yang harus anda lakukan yaitu mencari tahu informasi yang jelas dan valid tentang pembukaan dan pendaftaran serta jumlah formasi yang dibutuhkan, baik di tingkat daerah dan pusat. Cek apakah tersedia kuota untuk disiplin ilmu anda karena terkadang ada sebagian disiplin ilmu yang tidak tersedia dalam permintaan tenaga CPNS seperti ditingkat daerah.

Jika di daerah anda tidak ada penerimaan CPNS untuk bidang ilmu anda maka lihatlah peluang untuk keilmuan anda di daerah lain, provinsi atau pusat sebab pendaftaran CPNS saat ini dilakukan secara online dan kita dapat bebas memilih di daerah mana akan mendaftar.

Selain itu, perhatikan juga di masing-masing daerah berapa kuota yang dibutuhkan untuk keilmuan anda karena semakin besar jumlah yang dibutuhkan memberikan peluang lebih besar untuk lulus menjadi CPNS di tahun 2020 nanti.

Perhatikan semua berkas anda dengan baik sesuai dengan persyaratan administrasi yang diminta oleh panitia seleksi CPNS agar tidak bermasalah atau dapat lulus seleksi administrasi. Setelah lulus administrasi selanjutnya belajarlah dengan giat, banyak buku-buku pembelajaran CPNS yang tersedia di toko buku yang dapat anda beli.

1. Awali dengan berdoa


Doa dan usaha merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan oleh karena itu disamping usaha keras anda untuk lulus menjadi CPNS, jangan lupa selingi dengan doa yang tulus dan ikhlas kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua keinginan anda dapat terealiasai. Mulai dari pendaftaran, tes SKD dan SKB.

2. Belajar dengan giat 


Seperti yang telah saya singgung di atas, carilah atau beli buku-buku terkait pembelajaran CPNS dan mulai belajar setiap hari sampai anda benar-benar siap menghadapi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sampai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan memiliki peluang besar untuk lulus di antara banyaknya peserta seleksi.

3. Jangan menghafal contoh soal di buku


Masih saja ada yang salah dalam cara belajar buku-buku contoh soal CPNS yang dibeli. Ingat ! jangan menghafal soal-soal yang ada karena hal itu akan sia-sia sebab belum tentu akan sama soal tersebut dan anda bisa saja lupa.

Cara belajar yang baik yaitu pelajari cara penyelesaian soal-soal tersebut seperti sinonim, antonim, logika, padanan kata dan lain-lain sedangkan untuk soal sejarah dan kewarnegaraan, anda cukup membaca penjelasan dan memahaminya dengan baik.

Dengan mengetahui cara penyelesaian soal-soal maka apapun narasi soalnya anda akan mampu menyelesaikannya dengan baik

4. Datang lebih awal ke lokasi tes


Salah satu faktor penting datang lebih awal yaitu anda akan lebih tenang dan konsentrasi ketimbang anda datang terlambat dan terburu-buru karena takut terlambat. Perhatikan jarak lokasi tes dari rumah anda agar dapat hadir minimal 1 jam sebelum jadwal tes yang ditetapkan.

5. Perhatikan mekanisme prosedur tes dengan baik


Dalam pelaksanaan tes CPNS saat ini sudah dilakukan dengan metode Computer Assistant Test (CAT) dan dibagi menjadi beberapa gelombang. Jika anda termasuk dalam gelombang pertama maka perhatikan dengan baik arahan panitia tentang prosedur pelaksanaan tes, seperti tunjukkan kartu peserta, cara masuk ke ruangan dan lain-lain.

Apa bila berada di gelombang tes berikutnya maka perhatikan juga prosusder tes yang sudah dilakukan oleh mereka gelombang pertama meskipun nantinya juga ada pengarahan dari panitia tes.

6. Trik menjawab soal tes CPNS


Jawablah terlebih dahulu pertanyaan yang anda anggap mudah serta yakin benar sehingga tidak membuang banyak waktu sebab sistem CAT akan mudah dengan angka-angka nomor soal yang tersedia di layar komputer. Setelah anda selesai menjawab soal yang dianggap mudah lalu menyelesaikan soal yang sulit dengan mengklik nomor soal yang belum terjawab di layar komputer.

7. Konsentrasi dan tenang


Jangan terpengaruh dengan orang-orang di samping anda, konsentrasilah dengan baik dan tenang menjawab soal-soal tes sebab sistem CAT memiliki ribuan bank soal sehingga setiap soal pada masing-masing komputer akan berbeda. Yakinlah bahwa anda telah belajar dengan giat dan paham cara-cara untuk menyelesaikan soal yang ada.

8. Tulis nilai akhir


Setelah selesai menyelesaikan soal, jangan lupa untuk mencatat nilai akhir atau hasil tes anda agar anda memiliki pegangan nilai jika nantinya berbeda ketika panitia memasang hasil tes di papan pengumuman. Anda dapat mengkomplennya karena memiliki nilai akhir yang ril atau dapat langsung foto layar komputer jika anda diperbolehkan membawa HP ke ruangan tes.

Menurut anda apa lagi yang kurang dari penjelasan tips, cara dan trik lulus CPNS tahun 2019 di atas ? silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah sehingga kita dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Belum ada Komentar untuk "Tips, Cara dan Trik Berpeluang Besar Lulus Tes CPNS 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel