5 Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Mahasiswa Dengan Mudah

Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Mahasiswa - Pada tulisan ini saya tidak membahas tentang bagaimana cara membuat proposal penelitian mahasiswa tapi lebih ke tips-tips agar mendapatkan ide untuk membuat proposal penelitian bagi mahasiswa semester akhir atau mahasiswa yang sudah diharuskan membuat proposal penelitian sebagai tahap akhir studi dan memperoleh gelar.

Proposal penelitian mahasiswa memang diharuskan kepada mahasiswa semester akhir namun bagi mahasiswa baru juga harus perlu belajar mulai dari pertama masuk kampus bersama senior-senior kalian agar memahami gambaran umum bagaimana cara membuat proposal penelitian. Kebanyakan mahasiswa yang baru masuk kuliah lebih memilih cuek untuk mulai bertanya-bertanya sekilas tentang proposal mahasiswa.

Baca juga : 7 Cara Belajar Buat Mahasiswa yang Baru Masuk Kuliah Agar Lulus Tepat Waktu

Jika sejak awal menjadi mahasiswa anda sudah terbiasa dengan proposal penelitian, maka anda tidak akan begitu kesulitan ketika memasuki tahapan untuk membuat proposal penelitian mahasiswa.

Pengalaman yang saya temukan saat menjadi mahasiswa, kebanyakan teman-teman kesulitan memilih judul penelitian yang akan mereka lakukan. Dari situlah kami sering berdiskusi untuk menentukan apa judul penelitian yang baik dan dapat dilakukan dengan mudah untuk penelitian.

Tips Memilih Proposal Penelitian Mahasiswa


Ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar mampu membuat proposal dengan mudah bagi mahasiswa semester akhir seperti :

Terlibat dengan penelitian senior


Di kampus biasanya ketika masih junior, kami sering diajak oleh senior untuk membantu penelitian mereka dilapangan. Dengan membantu mereka secara langsung kami juga akan melihat dan membaca bagaimana cara mereka membuat proposal. Selain itu, kami juga dapat bertanya-tanya terkait cara membuat proposal yang baik.

Perbiasakan membantu penelitian senior anda sehingga anda dapat belajar langsung dari dia baik dari proposal hingga di tempat penelitian. Banyak ilmu yang akan kita dapatkan saat membantu penelitian senior. Sebagai anak kost waktu, kami juga beruntung karena bukan saja ilmu tapi juga dapat  makanan saat membantu penelitian mereka 😃.

Mata kuliah kesukaan


Anda dapat memulai tema besar penelitian berdasarkan mata kuliah yang anda sukai. Biasanya kita sangat paham dan pintar terhadap mata kuliah yang disukai sebab kita menikmatinya selama menjalani perkuliahan. Misalnya mata kuliah kesukaan anda adalah ekonomi, berarti tema besar penelitian sebaiknya tentang ekonomi. Silahkan disesuaikan dengan mata kuliah kesukaan anda.

Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Mahasiswa

Dari mata kuliah kesukaan inilah yang menjadi tema besar untuk kemudian dijadikan lebih spesifik menjadi sebuah judul penelitian.

Pelajari penelitian sebelumnya


Apa bila anda sudah menemukan apa tema penelitian, langkah selanjutnya membaca jurnal-jurnal tentang penelitian yang terkait dengan tema anda. Saat ini setiap penilitian mahasiswa akhir akan dibuat jurnal dan dipublikasikan. Anda dapat mencarinya di internet dan membaca penelitian-penelitian terkait. Dari situ anda akan menemukan ide atau ide judul yang lebih spesifik untuk dijadikan judul proposal penelitian.

Konsultasi kepada senior di kampus


Setelah banyak membaca penelitian-penelitian sebelumnya, jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan senior anda di kampus yang pernah juga melakukan penelitian yang temanya sama. Dari pengalaman dan pengetahuan mereka akan sangat membantu untuk mengarahkan kita menjadi lebih mudah menentukan judul penelitian.

Konsultasi kepada dosen terkait


Langkah terakhir yaitu, konsultasi kepada dosen pengajar terkait tema penelitian yang sudah ditentukan oleh anda sendiri berdasarkan mata kuliah kesukaan anda. Dengan melakukan konsultasi kepada dosen, kita akan mendapatkan penjelasan yang sangat terperinci dan masukan-masukan untuk menentukan judul penelitian. Dosen tersebut juga dapat sekaligus menjadi pembimbing anda nanti saat melakukan penelitian.

Dengan tips memilih judul penelitian bagi mahasiswa semester akhir yang saya bagikan semoga dapat membantu anda para mahasiswa yang akan membuat proposal dan menentukan judul penelitian yang terbaik. Memilih judul penelitian merupakan langkah awal yang menentukan penelitian kita dapat berjalan lancar kedepannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel