Tips Merawat Laptop Gaming Agar Bekerja Maksimal dan Berumur Panjang

Tips Merawat Laptop Gaming - Laptop gaming merupakan sebuah laptop yang dirancang khusus untuk bermain game, terutama game-game yang berkapasitas besar sehingga hanya laptop berspesifikasi tinggi yang mampu dipakai untuk bermain game seperti itu. Laptop gaming berbeda dengan laptop biasa, dapat dilihat dari tingkat kemampuan perangkat keras yang dirancang unik seperti keyboard, RAM, prosesor dan casing laptop.

Baca juga : 3 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Dengan penggunaan yang sering memain game berjam-jam maka laptop gaming perlu dirawat dengan baik agar mampu maksimal saat bekerja dan bertahan lama sesuai dengan jangka waktu penggunaanya dan harga laptop gaming yang cukup mahal mengharuskan kita untuk serius dalam perawatan.

Tips merawat laptop gaming


1. Pasang (instal) antivirus berbayar


Anti virus merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan virus-virus di laptop yang ada ketika kita mengunduh aplikasi-aplikasi. Antivirus laptop ada yang berbayar dan gratisan, gunakanlah antivirus yang berbayar dengan harga yang terjangkau sebab kerusakan perangkat lunak akibat virus bisa saja lebih mahal biaya perbaikan dari pada harga antivirus.

2. Update perangkat lunak


Melakukan update perangkat lunak pada laptop gaming menjaga agar sistem perangkat lunak (aplikasi) yang ada dapat berfungsi dengan baik sebab pembaruan (update) perangkat lunak bertujuan untuk mendapatkan versi terbaru dan meningkatkan kinerja dengan fitur-fitur terbaru pada hasil update perangkat lunak.

3. Cadangkan file pada hardisk eksternal


Sebaiknya lakukan cadangan untuk semua file yang ada di laptop sehingga sehingga jika terjadi sesuatu hal buruk seperti rusak parah atau hilang semua file laptop akan aman.

hardisk eksternal adalah pilihan yang cocok untuk menyalin foto, video, aplikasi, dokumen dan file lainnya. Jika laptop gaming mengalami kerusakan dan anda membeli yang baru maka file-file yang dicadangkan tadi dapat dengan mudah digunakan kembali pada laptop yang baru.

4. Jaga kebersihan keyboard laptop


Apa bila anda terbiasa makan, minum atau merokok di atas keyboard maka hentikanlah kebiasan itu. Kotoran-kotaran dari makanan dan abu rokok tersebut dapat masuk ke dalam bagian keyboard dan merusak kontrol tombol bahkan sistem yang berfungsi pada keyboard laptop anda.

Tips Merawat Laptop Gaming Agar Bekerja Maksimal dan Berumur Panjang


5. Bersihkan Layar laptop gaming


Perawatan lain yang perlu dilakukan pada laptop gaming yaitu bersihkan layar dengan mengikuti petunjuk pembersihan layar laptop dari pabrik secara rutin dengan alat pembersih berbahan kain halus dan lembut.

6. Bersihkan Debu dari Ventilasi udara dan Kipas


Kipas dan ventilasi udara pada laptop berfungsi untuk menjaga laptop gaming tidak terlalu panas saat laptop gaming bekerja berjam-jam. Namun lama-kelamaan kipas akan menjadi dengan debu-debu yang sedikit demi sedikit menempel, begitu juga dengan ventilasi udara pembuangan panas.

Lakukan pembersihan jika anda merasa laptop sudah mengalami gangguan dengan panas yang berlebihan. Anda dapat melakukannya sendiri atau pergi ke tempat service.

7. Gunakan pengatur tegangan listrik


Naik turunnya tegangan listrik pasti akan berpengaruh pada semua perangkat elektronik. Gunakan pengatur tegangangan listrik ketika menjalankan laptop gaming sehingga mengantisipasi kerusakan yang terjadi akibat tegangan listrik yang tidak stabil.

8. Jauhkan Suhu yang Ekstrim


Suhu ekstrim yang dimaksud yaitu panas dan dingin yang berlebihan. Jangan menaruh laptop di mobil yang sedang parkir di bawah terik matahari atau di dalam kamar yang suhu AC sangat dingin.

Biasanya telah dianjurkan pada buku petunjuk saat membeli tentang suhu yang baik untuk menyimpan atau menggunakan laptop di dalam dan luar ruangan.

9. Membawa laptop dalam tas


Masukkan laptop dalam tas agar aman dari debu dan benturan-benturan kecil yang dapat terjadi ketika anda akan membawa laptop ke tempat kerja, sekolah atau kampus. Jangan hanya memegang saat dijalan, masih sering orang membawa laptop tanpa menggunakan tas.

Itulah tips merawat laptop gaming yang dapat dilakukan demi menjaga laptop terhindar dari kerusakan-kerusakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel