Tips Saat Membeli Laptop Baru Agar Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Saat Membeli Laptop Baru - Saat masih kuliah, saya sering di tanya tentang tips-tips untuk mengetahui laptop yang bagus oleh teman-teman yang mau membeli laptop baru. Saya bukan mahasiswa jurusan komputer atau informatika kala itu, mungkin karena pengalaman sering berhubungan dengan aplikasi dan laptop sehingga mereka bertanya tentang hal itu.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli laptop agar laptop yang telah kita beli mengakibatkan rasa penyelasan kita setelah membeli karena tidak sesuai dengan harapan kita. Misalnya sering error, perangkat keras rusak dalam waktu singkat, tidak dapat digunakan untuk aplikasi tertentu dan lain sebagainya.

Tips Membeli Laptop Baru 


Tips membeli laptop yang saya tulis ini merupakan hasil pengalaman selama menggunakan laptop saat kuliah sampai sekarang. Banyak masalah terkait laptop yang terjadi mulai dari perangkat lunak seperti aplikasi hingga perangkat keras seperti keyboard rusak, kipas yang kotor dan baterai laptop yang sering jebol atau rusak total.

Baca : 3 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan ketika akan membeli laptop baru :


1. Laptop sesuai kebutuhan


Sebelum beranjak ke tempat penjualan untuk membeli laptop, pastikan dulu apa kebutuhan anda untuk membeli laptop. Misalnya anda seorang mahasiswa dan membeli laptop untuk membuat tugas kuliah, pemain game (gamers), programer, desainer website dan lain-lain.

Tips Membeli Laptop Baru Agar Sesuai Dengan Keinginan Serta Kebutuhan

Jika kebutuhan laptop baru hanya untuk mengetik dan mengakses internet, spesifikasi laptop yang standar juga cukup. Namun, jika seorang gamers atau programer maka spesifikasi laptop akan lebih tinggi lagi karena menggunakan aplikasi yang berkapasitas besar.

2. Bertanya kepada teman yang paham


Ini yang sering dilakukan oleh teman-teman saya waktu itu, bertanya kepada saya sebelum pergi membeli laptop. Dengan bertanya kepada teman yang dianggap cukup mengetahui tentang dunia laptop maka itu menjadi informasi yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan bertanya kepada teman, informasi yang kita peroleh akan lebih terpercaya. Itulah mengapa harus bertanya kepada teman bukan kepada orang lain.

3. Ajak teman anda untuk menemani


Teman yang tadinya anda tanya, jika dia tidak sibuk maka anda dapat mengajaknya untuk ikut bersama membeli laptop. Dengan pergi bersama maka dia dapat diandalkan untuk melihat langsung mana laptop yang terbaik untuk kebutuhan anda.

4. Sesuaikan dengan biaya


Terkadang keinginan kita berbanding terbalik dengan biaya yang dibutuhkan. Seimbangkan antara laptop yang dibutuhkan dengan uang yang tersedia untuk membeli laptop sehingga tidak bertambah biaya yang hanya tersedia pada saat itu. Sesuaikan biaya dan laptop yang anda butuhkan agar terjadi tambahan biaya.

5. Bertanya secara lengkap kepada penjual


Biasanya penjual sangat mengetahui spesifikasi, kekurangan dan kelebihan laptop yang akan mereka jual. Bertanya secara detail informasi tentang laptop yang akan dibeli. Itulah manfaat anda membawa teman yang cukup paham tentang laptop sehingga mampu menggali informasi yang lebih lengkap dan berjaga-jaga agar tidak mudah dibohongi oleh penjual.

6. Asuransi laptop


Saat hampir semua laptop yang dijual telah memiliki asuransi. Nah, yang perlu diperhatikan pada asuransi tersebut yaitu :

Kerusakan perangkat

Meskipun mendapatkan asuransi tapi tidak semua kerusakan keras akan termasuk di dalamnya. Tanyakan secara detail semua kerusakan keras yang termasuk diasuransi sedangakan untuk perangkat lunak (aplikasi) semuanya masuk dalam asuransi.

Lama asuransi

Masa berlaku asuransi laptop berbeda-beda pada setiap penjual, ada yang satu tahun dan lebih dari satu tahun. Carilah laptop yang dibutuhkan dengan harga terjangkau dan asuransi yang cukup lama. Lebih lama masa berlaku asuransi semakin baik.

Alamat tempat service

Tanyakan juga dimana tempat service terkait asuransi tersebut sehingga anda tidak kebingungan mencari-cari informasi jika laptop yang baru dibeli mengalami kerusakan.

7. Catat nomor telepon penjual


Di mana pun anda membeli laptop, jangan lupa untuk mencatat nomor kontak penjual yang dapat dihubungi agar nanti apapun yang perlu anda tanyakan dihari-hari berikutnya terkait informasi laptop dapat dihubungi via telepon tanpa datang lagi ke tempat penjual laptop.

Demikianlah tips membeli laptop baru yang benar agar dapat digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Tips Saat Membeli Laptop Baru Agar Sesuai Dengan Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel