5 Cara Menerbitkan Naskah Buku di Penerbit Indie Dengan Mudah dan Murah

Cara Menerbitkan Naskah Buku di Penerbit Indie Dengan Mudah dan Murah - Menulis merupakan proses menyampaikan ide, gagasan dan perasaan menjadi tulisan sehingga jadilah karya buku dengan bermacam-macam topik, buku ilmu pengetahuan, puisi, filsafat dan masih banyak lagi. Ada sebagian orang yang senang menulis dan membaca, ada juga sebagian orang hanya senang membaca. Ada juga yang senang menulis hanya sebatas iseng dan ada orang yang menulis dengan tujuan menjadi sebuah buku.

Orang-orang yang suka menulis hingga menjadi sebuah karya dalam bentuk buku kemudian disebut sebagai penulis. Perlu diketahui juga bahwa untuk menjadi penulis buku memerlukan proses, usaha dan semangat untuk menjadi penulis. Ketika semua proses dilewati dengan baik maka sebuah buku milik anda sendiri pasti akan ada.

Baca : Perjuangan Menulis Naskah Sampai Terbit Buku Untuk Pertama Kali

Banyak terlihat orang-orang yang senang menulis tapi hanya sedikit sekali yang akhirnya menjadikan tulisnya dalam sebuah bentuk buku pada hal saat ini sudah banyak sekali penerbit yang siap menerbitkan buku. Tidak seperti dahulu yang masih sedikit penerbit buku sehingga membuat kita persaingan yang cukup sulit agar naskah buku kita diterbitkan.

Penerbit buku indie atau penerbit independen merupakan penerbit yang menyediakan jasa editor, membuat cover buku dan mencetaknya dengan biaya ditanggung oleh penulis. Penerbit indie berbeda dengan penerbit yang telah populer sebab pada penerbit buku yang telah besar, mereka tidak membutuhkan biaya dari penulis melainkan karya-karya tulisan akan diseleksi sesuai dengan kriteria penilaian.


Jangan khawatir tentang biaya jika anda berpikir sangat mahal, menurut saya biaya menerbitkan buku di penerbit indie sangat terjangkau. Meskipun penerbit indie menyediakan jasa desain cover namun kita juga dapat membuat cover buku sendiri sehingga dapat mengurangi biaya jasa dari penerbit.

Cara Menerbitkan Naskah Buku di Penerbit Indie Dengan Mudah dan Murah

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Buku Indie

  1. Pertama-tama anda harus sudah memiliki naskah buku yang siap untuk diterbitkan
  2. Carilah penerbit indie yang menawarkan pilihan harga yang terjangkau sesuai biaya yang anda mampu. Banyak sekali penerbit indie yang bisa anda temukan di internet. Ketika saja kata kunci " penerbit indie ", semua penerbit indie pasti memiliki website yang memberikan informasi lengkap terkait jasa penerbit yang mereka sediakan. Di situs website penerbit indie telah tersedia nomor telepon dan email yang dapat dihubungi
  3. Edit terlebih dahulu naskah buku anda dengan teliti sebelum dikirim ke penerbit meskipun nantinya mereka akan melakukan editor. Semakin banyak perbaikan atau semakin baik karya yang akan menjadi buku
  4. Jika anda mampu mendesain sendiri cover buku, maka desainlah demi mengurangi biaya desain cover buku oleh penerbit indie
  5. Tanyakan informasi secara jelas dan detail ke penerbit sebelum membuat kesepakatan
Penting :

Harap agar mencermati dengan baik penerbit yang anda hubungi, perhatikan postingan buku di website mereka, apakah ada postingan terbaru saat ini atau tidak dan lihat juga komentar-komentar yang ada termasuk tanggapan penulis di website mereka agar benar-benar terpercaya. Hal ini mengantisipasi jangan sampai terjadi penipuan dan naskah buku yang anda kirim akan diklaim oleh orang lain menjadi karya mereka.

Ayo semangat bagi anda yang bercita-cita menjadi penulis buku, semoga cara menerbitkan buku di penerbit indie yang saya tulis ini menjadi pemicu semangat bagi anda agar segera menyelesaikan naskah buku yang saat ini sedang dibuat.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Menerbitkan Naskah Buku di Penerbit Indie Dengan Mudah dan Murah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel