Cara Menulis Puisi Cinta, Sahabat dan Alam yang Penuh Inspirasi

Cara Menulis Puisi Cinta, Sahabat dan Alam yang Penuh Inspirasi - Beberapa bulan ini saya mulai suka menulis puisi selain menulis cinta, sahabat, alam dan kehidupan. padahal pada awalnya saya belum pernah menulis puisi, mungkin karena suka menulis yang telah menjadi kebiasaan sehingga muncul inspirasi yang mengalir menjadi kata-kata puisi. Semua puisi saya tulis di blog saya yang khusus dibuat untuk menulis puisi, lihat : Kumpulan Puisi Pendek

Pada dasarnya manusia manusia menyukai seni berkata-kata, hanya saja tidak terlalu banyak orang yang beajar untuk dikembangkan seperti menulis puisi. Dulu saya lebih senang menulis artikel, opini dan tutorial. Namun, seiring berjalannya waktu saya mulai belajar tentang cara menulis puisi seperti puisi cinta, alam dan kehidupan bersamaan dengan banyak inspirasi yang didapatkan dari kehidupan keseharian.

Menulis puisi merupakan seni seseorang dalam mengungkapkan perasaan dalam bahasa yang penuh makna semantis yang kemudan disebut penyair. Menulis puisi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sebab ide atau inspirasi puisi dapat datang kapan saja. Saya sendiri lebih banyak menulis pusisi ketika berada di luar rumah sebab di situlah bertaburan imajinasi dan banyak tema puisi yang dapat ditulis.

Ada beberapa sumber yang menganjurkan seorang penyair untuk menentukan apa gaya puisinya tapi menurut saya untuk menjadi penulis puisi, kita tidak perlu terlalu menghiraukan apa gaya puisi kita sebab lambat laun kita akan mendapatkan gaya puisi kita dengan sendirinya. Saya sendiri tidak terlalu mementingkan apa gaya puisi yang penting saya senang menulis puisi dan biarlah pembaca yang menilainya.

Cara Menulis Puisi yang Penuh Inspirasi


Sebelum menulis puisi terlebih dahalu kita harus membuat garis-garis besar yang penting, seperti :

1. Menetukan tema dan judul puisi

Tema puisi berbeda dengan judul puisi, tema merupakan ide yang umum seperti kita akan menulis puisi tentang cinta. Jadi, tema puisi kita yaitu tentang cinta kemudian dari tema tersebut kita membuat judul misalnya puisi cinta penuh makna.

Menentukan tema dan judul sebelum mulai menulis akan membantu kita untuk berpikir secara terstruktur dan akan mudah untuk menyelesaikan puisi yang di tulis dengan baik.

2. Gaya bahasa penulisan

Puisi merupakan tulisan yang penuh makna dengan menggunakan gaya bahasa yang berbeda dengan penulisan artikel atau opini. Gaya bahasa yang umum dipakai yaitu perumpamaan atau majas perbandingan dan bahasa kiasan atau majas metafora.

3. Pendalaman menulis

Setelah menentukan tema, judul dan gaya maka selanjutnya pendalaman terhadap tema untuk mendapatkan hasil puisi yang indah dan penuh makna. Untuk mengambangkan kata-kata dalam menulis puisi kita harus banyak membaca buku-buku sastra. Dari situlah kita belajar banyak kata syair dan kemampuan untuk menjiwai sebuah tema puisi.

Menulis puisi cinta


Dari sekian puisi yang saya tulis, puisi terbanyak bertema tentang cinta. Untuk menulis puisi cinta kita harus mampu menghayati sebuah hubungan cinta secara mendalam, dengan begitu inspirasi yang kita dapat akan indah untuk menjadi puisi.

Misalnya hubungan cinta antara anda dan kekasih dan hubungan kasih sayang antara anda dan orang tua. Dari hubungan kasih sayang tersebut kita dapat menulis puisi cinta tentang pacar dan hubungan kasih sayang terhadap ibu dan bapak.

Contoh judul puisi cinta yang sudah saya tulis :

Puisi Cinta Menerjang Makna

Puisi Cinta tak Terbatas

Puisi Cintamu Tak Buruk

Puisi Cintaku Spesial Untukmu

Puisi Makna Ibu Sang Perantau

Menulis puisi sahabat


Ada perbedaan antara teman dan sahabat, perbedaan itulah yang membuat beda penyebutan. Teman merupakan orang yang kita kenal namun tidak begitu akrab seperti sahabat. Sahabat lebih dari teman karena sangat dekat dan saling memahami.

Di antara banyak orang yang anda kenal pastilah ada satu atau dua orang yang masuk kategori sahabat. Dari merekalah anda dapat menjadikan inspirator untuk menulis puisi tentang sahabat.

Contoh judul puisi sahabat yang pernah saya tulis : Puisi Sahabatku Jangan Sedih

Menulis puisi alam


Menulis puisi tentang alam sudah seharusnya kita dekat dengan alam sebab tema puisi berkaitan dengan alam itu sendiri. Saya cukup banyak menulis puisi tentang alam karena selain menulis saya juga suka melakukan perjalanan di alam seperti mendaki gunung.


Anda juga dapat menulis puisi di alam dengan berjalan ke tempat-tempat rekreasi dan tempat dimana saja selama itu dapat membuat nyaman. Misalnya ketika anda pergi ke pantai yang indah dengan pasir putih, tumbuhan yang subur dan kebersihan yang terjaga. Dari situ anda mampu melahirkan puisi tentang alam dengan judul pantai misalnya.

Contoh judul puisi alam yang pernah saya tulis :

Puisi Alamku Rumahku

Puisi Hujan di Awal Pekan Desember

Puisi Alam Tersenyum Riang

Cara menulis puisi cinta, sahabat dan alam dapat dilakukan dengan mudah jika telah membuat kerangkanya atau garis besar terutama tema puisi yang akan ditulis. Dengan pendalaman materi yang baik maka kita mampu menulis puisi yang enak dibaca dan penuh makna.

Tips Menulis Puisi yang Mudah Dilakukan Oleh Pemula

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Puisi Cinta, Sahabat dan Alam yang Penuh Inspirasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel