Cara Membuat Postingan Blog Menggunakan Smartphone Dengan Mudah dan Kapan Saja

Cara Membuat Postingan Blog Menggunakan Smartphone - Istilah blogger bukan berarti tepat diberikan kepada semua orang yang memiliki blog tapi sebutan ini diberikan kepada seseorang yang aktif mengelo blognya dengan baik, dalam arti orang tersebut rutin membuat postingan blog setiap hari atau setiap minggu. Banyak orang yang memiliki blog tapi tidak semua harus disebut blogger. Ada orang yang membuat blog hanya untuk mempublikasikan tugas kuliah atau membuat blog hanya sebatas tugas kuliah setelah itu tidak lagi membuat postingan-postingan lain dan blog mereka dibiarkan begitu saja.

Termasuk saya saat pertama membuat blog saat kuliah, hanya iseng untuk mempublikasikan tugas kuliah setelah itu sudah tidak lagi menghiraukan untuk menulis. Saya sering tertawa sendiri saat melihat blog itu yang sampai saat ini bergentayangan tanpa admin karena email dan password.

Menjadi seorang blogger menurut saya tidaklah mudah karena kita harus berpikir tema apa yang akan kita tulis setiap hari. Tak jarang kita kehabisan ide untuk menulis postingan blog dan itulah tantangan terbesar seorang blogger dalam membangun blognya.

Saya sering melakukan beberapa tips untuk mendapatkan ide menulis seperti pergi keluar rumah atau jalan-jalan karena bagi saya, akan mudah mendapatkan inspirasi menulis ketika berjalan sambil mengamati apa saja disekitar, bahkan saat menulis postingan ini saja saya sedang berada di kedai kopi. Memang sejak aktif menjadi blogger saya lebih sering menulis sambil ngopi.

Baca juga : Melatih Konsentrasi Menulis di Keramaian

Pada dasarnya banyak cara yang dapat kita lakukan sebagai blogger untuk membuat postingan blog meskipun saat kehabisan ide sebab blogger yang baik yaitu mampu menghadapi tantangan ini. Salah satunya dengan cara menulis postingan blog menggunakan smartphone.

Perkembangan teknologi yang kita rasakan saat ini dapat mendukung aktivitas ngeblog kita dengan banyak cara, tinggal bagaimana cara kita untuk menggunakan teknologi agar memudahkan kita dalam memperoleh ide untuk menulis di blog.

Cara Membuat Postingan Blog di HP


Saya menulis tips membuat postingan di hp karena saya sendiri sering melakukannya. Salah satu hobi saya yaitu jalan-jalan sehingga smartphone sangat membantu saya untuk menulis kapan saja dan di mana saja. Saya sering menulis di HP ketika dalam perjalanan menggunakan mobil atau kapal laut dan saat mengantri di bank atau duduk santai di taman kota hingga di kedai kopi.

Menulis Postingan Blog di Aplikasi Blogger


Dengan smartphone kita dapat memasang aplikasi blogger, lalu masuk dengan email dan password blog kita dan dapat dengan mudah menulis di mana saja ketika mendapatkan inspirasi menulis untuk postingan blog. Aplikasi ini khusus untuk blog yang memakai platform blogspot, namun bagi blog yang tidak menggunakan blogspot, tenang saja ! ada cara lain yang dapat anda lakukan yaitu menggunakan aplikasi notepad di HP.


Jika anda belum memiliki aplikasi blogger di smartphone silahkan di instal terlebih dahulu, kemuadian masuk dengan email yang sama dengan blog anda saat smartphone terkoneksi dengan insternet atau memiliki paket data internet. Jika sudah terpasang, buka aplikasi blogger dan akan terlihat seperti ini :



Masuk ke menu draf untuk mulai menulis postingan blog, Pada menu draf akan terdapat baris judul untuk menulis judul postingan, baris konten pos untuk isi tulisan dan label untuk menandai postingan pada label yang ada di blog.


Anda hanya perlu menulis judul postingan postingan dan mulai menulis artikel blog sedangkan untuk label biarkan saja dulu karena saat selesai menulis jangan langsung dipublish postingannya tapi simpan saja sebagai draf. Nanti akan diposting dengan menggunakan laptop agar diperbaiki isi tulisan yang perlu diperbaiki sebelum dipublish. Dengan menggunakan laptop atau komputer, barulah anda menentukan label postingan dan publish. Untuk menyimpan postingan blog ke draf silahkan klik logo hard disk di bagian.

Catatan : Saat membuat postingan blog di HP menggunakan aplikasi blogger anda harus terkoneksi dengan internet agar aplikasi dapat terbuka dan postingan blog dapat tersimpan.

Menulis Postingan Blog di Aplikasi Notepad


Bukan hanya di laptop atau komputer yang memiliki aplikasi notepad tapi di smartphone juga dapat kita gunakan. Seperti hal di laptop, aplikasi notepad ini digunakan untuk menulis memo dan sebagainya. Nah, di HP juga dapat digunakan untuk menulis postingan blog.


Aplikasi notepad sangat berguna ketika kita berada pada suatu tempat yang tidak terdapat koneksi internet atau jaringan seluler dan ingin menulis saat memiliki ide dan inspirasi di dalam perjalanan atau suatu tempat yang tidak ada jaringan seluler.

Membuat postingan blog di smartphone menggunakan aplikasi ini berlaku untuk semua blog dengan platform apa saja sebab kita tidak langsung menulis pada blog kita melainkan menulis di notepad kemudian jika sudah terhubung dengan internet kita dapat mempublish dengan menggunakan laptop atau komputer dengan cara menyalin tulisan kita dari notepad.

Ada banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menulis, notepad hanyalah salah aplikasi yang sering saya gunakan untuk menulis. Apabila anda memiliki aplikasi lain di smartphone yang fungsinya sama untuk menulis maka silahkan digunakan sebab tujuan utama menggunakan HP untuk menulis di mana saja dengan menggunakan aplikasi menulis itu sendiri.

Dengan bantuan aplikasi blogger dan notepad yang telah terpasang di HP kita dapat menulis kapan saja. Jadi sebagai blogger anda tidak perlu khawatir ketika kehabisan ide untuk membuat postingan blog sebab anda dapat berjalan-jalan untuk memperoleh ide dan langsung menulisnya saat itu juga.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Postingan Blog Menggunakan Smartphone Dengan Mudah dan Kapan Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel