Pelabuhan Ferry Wai Kalopa Sanana Utara, Kepulauan Sula

Pelabuhan Ferry Wai Kalopa Sanana Utara, Kepulauan Sula - Telah ada 2 pelabuhan ferry di kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara yaitu pelabuhan penyeberangan kapal ferry di Mangoli dan pelabuhan ferry di Wai Kalopa kecamatan Sanana Utara. Pada waktu yang lalu saya telah melakukan perjalanan ke pelabuhan ferry Mangoli dan saat ini saya kembali jalan-jalan ke pelabuhan ferry yang ada di Wai Kalopa kecamatan Sanana Utara yang masih dalam wilayah administrasi Kepulauan Sula.

Kabupetan Kepulauan Sula mekarkan pada tahun 2003 silam yang mencakup 3 pulau yaitu pulau Sulabesi atau Sanana, Mangoli dan Taliabu. Ketika itu belum terdapat pelabuhan kapal ferry sehingga aktivitas penyeberangan masyarakat antar pulau hanya menggunakan perahu motor.

Kini, perkembangan daerah Kepulauan Sula semakin terlihat dengan tersedianya 2 pelabuhan ferry yang dapat dinikmati oleh masyarakat antar pulau. Ada juga pelabuhan ferry di Taliabu, namun pada tahun 2013 pulau Taliabu dimekarkan menjadi kabupaten sehingga di Kepulaun Sula hanya terdapat 2 pelabuhan ferry saat ini.

Sebagai daerah kepulauan, kehadiran kapal ferry sebagai akses transportasi antar pulau sangat membantu masyarakat. Jika dulu masyarakat sulit membawa kendaraan beroda empat ke pulau sebelah baik dari Mangoli ke Sanana atau sebaliknya tapi kini sudah sangat mudah. Apalagi ketika musim laut bergelombang, hal ini juga sedikit menghambat rutinitas masyarakat dari pulau Mangoli untuk pergi ke Sanana sebagai ibu kota kabupten. Dengan rute ferry yang melintasi antara pulau Sanana, Mangoli dan Taliabu ini sangat membantu.

Saya awal tidak berencana untuk pergi ke pelabuhan ferry di Wai Kalopa. Tujuan perjalanan saya ke desa sebelahnya yaitu Fuk Weu. Kebetulan untuk ke desa tersebut melewati pelabuhan ferry dan saya sendiri belum pernah sampai di situ maka saya meluangkan waktu untuk mengobati rasa penasaran saya. Rugi jika anak asli daerah belum pernah sampai, itu yang saya pikirkan.

Lokasi Pelabuhan Ferry Wai Kalopa


Pelabuahan kapal Ferry berada di desa Wai Kalopa, kecamatan Sanana Utara, kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara. Perjalanan dari pusat kota Sanana dapat ditempuh sekitar 30 menit. Akses jalan sangat baik tanpa hambatan sehingga dapat menggunakan kendaraan beroda dua atau empat. Pelabuhan ferry Wai Kalopa berjarak sekitar 500 meter ke arah laut dari jalan raya.


Dari pelabuhan ferry anda juga dapat melihat pertamina dari kejauhan, pelabuhan ferry berdekatan juga dengan ibu kota kecamatan Sanana Utara yaitu desa Pohea dan di desa ini menjadi pusat perkantoran pemerintahan Kepulauan Sula termasuk kantor Bupati.

Belum ada Komentar untuk "Pelabuhan Ferry Wai Kalopa Sanana Utara, Kepulauan Sula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel