Sejarah Singkat Tentang Ideologi

Sejarah Singkat Tentang Ideologi - Ideologi bukanlah kata yang baru didengar, atau juga bukanlah konsep, teori baru yang dipahami oleh sebagian besar manusia di era modern. Sebab dalam sejarah memberitahukan bahwa ideologi yang kita kenal pada saat ini telah di pada abad 18 Masehi dan pada abad 19 Masehi, kata ideologi mencapai puncak terkenalnya.

Kata ideologi pertama kali muncul di era Revolusi Perancis, dimana pada waktu itu selogan Les Ideologues merupakan sebutan bagi sekelompok intelektual yang di pimpin oleh seorang Filsuf Destutt de Tracy. Dimana kelompok ini menginginkan masyarakat Perancis menjadi masyarakat yang lebih rasional dan ilmiah. Kelompok ini dalam upaya merealisasikan tujuan yang diusungnya maka jalan yang ditempu ialah melalui sebuah rancangan dalam sistem pendidikan nasional Perancis.

Kelompok intelektual ini juga menguatkan tujuannya dengan menggabungkan kuat pada kebebasan individu dengan perencanaan negara dan pada 1795 menjadi doktrit resmi Republik Prancis. Menurut para sejarawan filsafat, abad 19 merupakan zaman ideologi. Namun di zaman ini tidak semua orang dapat membicarakan ideologi karena ideologi merupakan kata yang kontroversi akan tetapi dapat diperdebatkan pada zaman itu. Salah satu alasan kontroversi yang berasal dari ketidaksepakatan yakni mengenai definisi kata ideologi hingga ideologi mana yang hendak dibenarkan atau dianut.

Ideologi sendiri dipahami sebagai suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan dan kepercayaan yang bersifat dinamis. Ideologi juga sering diartikan sebagai cara pandang seseorang atau golongan tertentu yang membentuk karakter berpikir dalam mencapai tujuan dan mewujudkan cita-citanya.

Dilansir oleh KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) yang mengatakan bahwa, Ideologi merupakan kumpulan konsep bersistem yang di jadikan asas, pendapat yang memberikan arah serta tujuan untuk kelangsungan hidup.

Dalam perkembangannya, ideologi telah tersebar diberbagai negara. Bahkan di zaman sekarang ideologi telah menjadi landasan dan pegangan utama dalam setiap kelompok masyarakat serta negara-negara di dunia. Ideologi kemudian diketahui terbagi menjadi dua yaitu sayap kiri dan sayap kanan, sayap kiri seperti Komunisme, Sosialisme, Liberalisme dan Anarkisme sedangkan sayap kanan ideologi Fasisme, Nazisme dan Konservatisme.

Adapun ideologi yang memiliki usia panjang karena masih menjaga eksistensinya yakni ideologi Kapitalisme dan Komunisme. Ideologi Kapitalisme sendiri merupakan hasil dari perkembangan di bidang ekonomi politik, dimana kapitalisme disebut juga Ekonomi Pasar Bebas, yang sebagian besar alat produksinya dimiliki secara pribadi dan sebagian besar didistribusikan melalui operasi pasar. Selebihnya ideologi kapitalisme memilik keyakinan bahwa seorang pemilik modal dapat melakukan berbagai usaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Komunisme sendiri merupakan sebuah paham, ideologi yang menjunjung tinggi kepemilikan bersama atau dengan kata lain segala alat produksi dan hasil produksi milik bersama yang sebagian besar didistribusikan melalui asas keuntungan bersama.

Ideologi

Demikianlah penjelasan singkat tentang sejarah ideologi yang ada dan berkembang hingga saat sekarang. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel