Melihat Perbedaan Antara Iri hati dan Cemburu

Perbedaan antara Iri hati dan Cemburu - Cemburu adalah insting alami manusia yang selalu dirasakan secara alamiah, mama Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah "merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya". Jikalau dilihat dari kosakata yang dipakai oleh KBBI maka terlihat bahwa cemburu adalah gambaran dari pada perasaan dengki, iri hati yang cenderung negatif.

Bila merujuk pemaknaan iri hati yang dikemukakan oleh Bertrand Russell bahwa iri hati adalah salah satu penyebab utama ketidakbahagiaan, orang yang iri hati tidak hanya menyebabkan ketidakbahagiaan untuk dirinya, orang tersebut bahkan mengharapkan kemalangan orang lain. Padahal cemburu secara praktiknya tidak sejauh itu memperlihatkan eksistensinya.

Maka dapat dikatakan bahwa pengertian yang dikemukakan oleh KBBI ini, mengakibatkan kehidupan sehari-hari banyak orang yang gagal membedakan antara rasa cemburu dengan rasa iri hati. Dan bahkan menyamakan emosi yang ditimbulkan oleh kedua ekspresi ini. Memang harus diakui bila keduanya sangatlah sukar dibedakan.

Nah jika merujuk dari Women"s Health, cemburu berbeda dari iri hati, perasaan iri muncul karena mendambakan milik orang lain. Sementara itu, rasa cemburu datang karena tidak ingin kehilangan atau ingin melindungi sesuatu yang dianggap berharga oleh orang tertentu.

Cemburu pada umumnya dikaitkan dengan hubungan percintaan yang menimbulkan emosi yang begitu kompleks sehingga menimbulkan rasa marah, curiga, takut dan terhina. Dan lebihnya lagi cemburu menyerang orang dalam segala usia dan kerap muncul jika seseorang merasa terancam atau dirugikan.

Pengertian ini kemudian diperkuatkan oleh Wikipedia yang menjelaskan bahwa, Cemburu dan iri hati merujuk pada pemaknaan dan dua emosi yang berbeda, dimana bagi Wikipedia, iri hati merupakan suatu ekspresi kebencian yang disebabkan karena orang lain memiliki sesuatu yang tidak bisa di milikinya.

Sedangkan cemburu merupakan sebuah rasa takut atau akibat dari kehilangan sesuatu yang dimiliki atau orang lain yang di cintainya "pasangan". Maka dapat disimpulkan bahwa iri hati berkaitan dengan rasa ingin memiliki sesuatu yang tidak bisa di milikinya dan rasa cemburu adalah sebuah ekspresi kehilangan kepada sesuatu yang pernah dimilikinya.

Perbedaan dari kedua emosi ini kemudian di jelaskan lebih ilmiah oleh para ilmuwan yang mengatakan bahwa rasa cemburu melibatkan otak bagian korteks frontal kiri, bagian otak ini lebih banyak menangani emosi seperti rasa malu. Selebihnya, cemburu juga dipengaruhi oleh kimia otak yang disebut Dopanim, bahkan reaksi kimia ini juga mengendalikan kebahagiaan.

Perbedaan antara Iri hati dan Cemburu

Selebihnya menurut saya, kata cemburu secara realita kehidupan manusia, lebih cenderung dipakai pada konteks khusus seperti persoalan-persoalan percintaan, dan kata iri hati lebih sesuai bila dipakai dalam persoalan-persoalan umum. Pada akhirnya yang bisa ditarik dalam uraian singkat ini ialah pemakaian kedua kata cemburu dan iri hati yang harus sesuai konteks sehingga secara pengertianpun jelas menunjukkan perbedaan. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel