Download Buku 100 Jenis Pohon Khas Sulawesi PDF Gratis

Download Buku 100 Jenis Pohon Khas Sulawesi - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mendapat julukan sebagai “Megabiodiversity Countries” karena memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia ini tersebar di dalam wilayah nagara kesatuan Republik Indonesia.

Sulawesi merupakan pulau terbesar dan penting di Indonesia, secara biogeografi pulau ini terletak dalam subregion biogeografi Wallacea yaitu suatu wilayah yang unik karena merupakan kawasan peralihan antara Benua Asia dan Australia dan memiliki keanekaragaman hayati dengan tingkat endemisitas yang tinggi. 

Diperkirakan 15% dari tumbuhan berbunga di Sulawesi adalah endemik (Whitten et al. 1987 : Ramadhanil Pitopang, 2006). V. Balgooy et al. (1996) melaporkan 933 tumbuhan asli dari Sulawesi yang dibahas dalam Flora Malesiana waktu itu, 112 adalah endemik Sulawesi.

Endemisitas tumbuhan berbunga di Sulawesi sangat bervariasi diantara kelompok takson, Sebagai contoh pada Palm (Arecaceae) dan Anggrek (Orchidaceae) dari total 817 spesies anggrek dari Sulawesi dan Maluku (128 genera) 149 merupakan endemik (Thomas and Schuiteman 2002). 

Selain itu Sulawesi juga dikenal sebagai salah satu kawasan EBA (Endemic Bird Area) terpenting di Indonesia, dimana dari 328 jenis burungnya, 88% adalah jenis yang unik (White and Bruce, 1986). Dari 127 hewan menyusui asli, 79 (62%) bersifat endemik dan presentasinya meningkat sampai 98% jika kelelawar tidak dihitung (Whitten et al.,1987).

Berdasarkan data base yang ada, diperkirakan di Sulawesi terdapat lebih dari 2100 jenis tumbuhan berkayu yang terdiri atas famili Meliaceae, Euphorbiaceae, Rubiaceae, Myrtaceae, Ebenaceae, Moraceae, Magnoliaceae, Burseraceae, Araucariaceae dan lain-lain (Kessler et al 2002). Diantaranya merupakan tumbuhan yang tergolong pohon (dbh > 10 cm) yang mempunyai nilai ekonomi, estetika dan konservasi yang sangat baik.

Publikasi tentang flora Sulawesi terutama jenis tumbuhan berbunga masih sangat terbatas, sampai saat ini terbatas hanya berupa “checklist” dan “cataloque” (Kessler etal 2002; Gradstein et al.2005 ; Thomas and Schuiteman 2002). 

Di dalam buku ini diperkenalkan 100 jenis pohon yang beberapa diantaranya ditemukan secara alami di Sulawesi yang masing-masing dilengkapi dengan gambar, deskripsi, nama lokal, habitat dan ekologi serta kegunaan. Diharapkan kehadiran buku ini bermanfaat untuk berbagai pihak yang memerlukan terutama untuk keperluan pendidikan, pengusaha, konservasi dan pengambil kebijakan.

Download buku jenis pohon

Download Buku 100 Jenis Pohon Khas Sulawesi : Link Download 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel