Download Buku Hutan Pantai Indonesia PDF Gratis

Download Buku Hutan Pantai Indonesia - Dalam buku memuat ekologi, manfaat dan rehabilitasi dari hutan pantai. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan jenis flora dan fauna dengan tipe hutan yang bervariasi di dunia, sehingga Indonesia dikenal sebagai negara ”mega biodiversity” ketiga setelah Brazil dan Zaire.

Keanekaragaman yang tinggi ini didukung oleh wilayah yang luas dengan banyak kepulauan dan berada di daerah tropis yang memiliki pedoagroklimat yang sesuai. Indonesia memiliki sekitar 17.508 pulau dengan panjang pantai sekitar 81.000 km, masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri dan memiliki potensi sumberdaya yang produktif. 

Diperkirakan Indonesia juga memiliki 90 tipe ekosistem, baik di daratan maupun perairan dan terdapat 15 formasi hutan alam yang tersebar dari ujung barat di Sabang sampai ujung

Timur di Merauke yang merupakan habitat utama banyak spesies tumbuhan dan hewan. Salah satu formasi hutan tersebut adalah hutan pantai. Hutan pantai yang dimaksud disini tidak termasuk hutan mangrove. 

Di Indonesia, formasi hutan ini mempunyai keunikan tersendiri. Hutan pantai juga merupakan bagian dari ekosistem pesisir dan laut yang menyediakan sumberdaya alam yang produktif baik sebagai sumber pangan, tambang mineral maupun energi, media komunikasi dan edukasi maupun kawasan rekreasi atau pariwisata serta penemuan produk biochemical.

Namun, seiring dengan laju pertambahan penduduk dan dinamika pembangunan regional yang tidak taat asas kelestarian lingkungan hidup, tipe hutan tersebut akhir-akhir ini mulai mengalami kerusakan yang berarti. Data menunjukkan bahwa luas vegetasi pantai dari tahun ke tahun cenderung menurun, jika pada tahun 1996 luas vegetasi pantai mencapai 180.000 ha sampai tahun 2004 hanya tersisa 78.000 ha.

Rusaknya ekosistem hutan pantai dapat menimbulkan berbagai permasalahan terutama berkaitan dengan abrasi pantai, intrusi air laut,perubahan iklim mikro, dan turunnya nilai produktivitas hayati di ekosistem pantai. Pada tahun 1997 tercatat lebih dari 60 lokasi pantai dan muara di 17 propinsi telah terjadi bencana abrasi pantai diantaranya di seluruh pantai utara Jawa, pantai timur Sumatera, dan pantai Sulawesi Selatan. 

Selain itu juga kekhawatiran berbagai pihak akan tenggelamnya 2.000 pulau di Indonesia pada tahun 2030 akibat naiknya permukaan air laut seiring dengan perubahan iklim global dan rusaknya ekosistem pesisir bukanlah hal yang tidak mungkin jika keadaan ini terus berlanjut.

Buku Hutan Pantai Indonesia

Download Buku Hutan Pantai Indonesia : Link Download 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel