Upaya-upaya Mengatasi Malas Berpikir Kreatif

Kreativitas di era modern mulai berkembang begitu pesat di tengah terbukanya sistem informasi sekarang. Begitu banyaknya buah kreativitas yang bertebaran di platform-platfrom media massa nasional maupun internasional. Dengan kenyataan demikian dunia telah memposisikan kreativitas yang biasanya datang dari ide, pikiran dan imajinasi itu menjadi semakin susah dan mahal.

Tak jarang banyak dari kita yang menemukan jalan buntut ketika hendak berpikir kreatif. Pertanyaannya ialah bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Ada beberapa cara menghindari kebuntuan dalam berpikir kreatif sebagai berikut :

1. Banyaklah untuk Membaca dan Bertanya

Kenapa ini penting? Karena jika kita banyak membaca dapat meningkatkan kinerja otak, dengan begitu otak akan terlatih untuk mengimajinasikan kata demi kata yang dibaca, serta membaca dapat melatih otak untuk lebih berpikir dan memecahkan masalah terutama membaca novel, cerpen misteri. Terlebih dengan membaca kita memiliki kesempatan memperoleh informasi yang kemudian dapat dikumpulkan dan diolah menjadi segudang inspirasi dan imajinasi.

Terkait bertanya, semakin kita banyak bertanya, semakin banyak pula kita menemukan jawaban. Artinya dengan begitu kita telah banyak tahu dan begitu dengan sendirinya wawasan kita semakin luas.

2. Banyaklah Peka dan Mengamati

Keuntungan dari meningkatkan kepekaan terhadap segala hal dapat mempertajam pula daya mengamati. Mengamati dalam hal ini bisa apa saja dan dimana saja, kita bisa mengamati fenomena dunia, alam dan lingkungan sosial. Misalnya mengamati lingkungan sekitar ketika berjalan-jalan. dan yang terbaru adalah fenomena dunia yang menyediakan segala kebutuhan berbasis teknologi, kita bisa mengamati apapun lewat teknologi itu misalnya, mendengar Musik, Menonton Film, Menonton Video YouTube.

Dengan melakukan kedua hal ini, di percaya dapat membantu berpikir kreatif karena telah memahami dan banyak menemukan referensi pembanding dari apapun yang ditonton dan yang diamati.

3. Banyaklah Bergaul

Tentu maksud dari bergaul ialah bergaul pada ranah yang normal dan positif, bukan pergaulan bebas yang membawa kita pada kerusakan jiwa maupun mental. Pada dasarnya manusia diciptakan dengan fitrah salah satunya ialah perbedaan untuk di ambil hikmahnya. Nah dengan banyak bergaul tanpa disadari kita telah telah menyelami perbedaan dari teman sepergaulan yang tidak ditemukan dalam diri kita. Kemudian dari perbedaan itulah dapat ditransformasikan sebagai inspirasi, imajinasi yang muncul gaya berpikir kreatif kita.

4. Banyaklah Istirahat

Alasan saya memasukkan poin ini karena sebagian besar orang yang memiliki tujuan untuk berpikir kreatif selalu lupa untuk menjaga kondisi tubuh, pikiran dan mentalnya. Padahal poin adalah yang paling fenomenal dalam upaya meningkatkan gaya berpikir kreatif.

Terlebih dengan istirahat "tidur" yang cukup, otak dan jiwa anda akan lebih siap untuk bekerja di keesokan harinya. Sejalan dengan penelitian yang berkata bahwa dengan tidur bagian Korteks Prefrontal di otak sangat aktif dan kreatif setelah bangun tidur.

Mengatasi Malas Berpikir

Demikianlah keempat upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dan atau menghindari kebuntuan berpikir kreatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel