4 Pengertian Nasionalisme Menurut Tokoh Pemikir Dunia

Nasionalisme berasal dari kata 'nation' yang di artikan sebagai 'bangsa' dan berkembang pesat di Eropa kala itu. Menurut Wikipedia. Paham nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, dan nasionalisme juga rasa untuk mempertahankan Negaranya, baik dari internal maupun eksternal. 

Adapun beberapa pengertian dari tokoh yang berpengaruh terhadap paham nasionalisme :

1. Joseph Ernest Renan (1823-1892 M)

Renan pernah berkata bahwa nasionalisme ada ketika muncul keinginan untuk bersatu

2. Otto Bauer (1881-1938 M)

Menurut Bauer nasionalisme muncul dikarenakan adanya persamaan sikap dan tingkah laku dalam memperjuangkan nasib yang sama, seperti adanya persamaan penderitaan dan kesengsaraan sebagai bangsa yang terjajah.

3. Theodore Lothrop Stoddrad (1883-1950 M)

Lothrop memandang nasionalisme sebagai suatu kepercayaan yang hidup dalam hati rakyat yang berkumpul menjadi suatu bangsa

4. Hans kohn (1891-1971 M)

Menurut kohn paham nasionalisme merupakan suatu paham yang menempatkan kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara dan bangsa

Dengan itu paham nasionalisme dapat dipahami sebagai perasaan cinta kita terhadap bangsa dan tanah air yang bermunculan karena adanya perasaan tradisi yang berkaitan dengan sejarah, agama, bahasa, kebudayaan dan pemerintahan serta keiginan masyarakat untuk mempertahankan, mengembangkan perasaan diatas sebagai satu kesatuan bangsa.

Paham nasionalisme lahir di Eropa pada abad 19 Masehi. Kelahiran paham nasionalisme disebabkan atas reaksi penguasaan wilayah-wilayah di Eropa oleh Napoleon Bonaparte dari Prancis. Dari reaksi itu mencul semangat nasionalisme di bangsa-bangsa Eropa untuk membebaskan tanah air dan bangsanya dari kekuasaan Napoleon Bonaparte 1804-1815 Masehi.

Maka setelah memperoleh kemenangan dari perjuangan awal ini, diikuti dengan banyak berdiri negara-negara baru di Eropa. Negara yang pertama menganut paham nasionalisme ialah Inggris, Prancis, Jerman dan Amerika serikat. Dan paham nasionalisme terus berkembang jauh hingga sampai ke daratan Asia salah satunya ke negara kita tercinta yaitu Negara Indonesia.

Tetapi adapula yang mempertanyakan paham nasionalisme yang dianggap menimbulkan penjajahan, sebab nasionalisme yang tinggi di satu sisi mampu memberikan kehidupan negara dengan semangat kebangsaan, namun disisi lain semangat nasionalisme yang berlebihan menjadi faktor pendukung lahirnya semangat kolonialisme yang merugikan bangsa-bangsa lain, seperti yang tercatat dalam sejarah-sejarah dunia.

Pengertian Nasionalisme Menurut Tokoh Pemikir Dunia

Demikianlah ulasan singkat dari paham nasionalisme, kenapa persoalan terkait nasionalisme ini saya tuliskan?. Sebab sebagian dari kita memahami kata nasionalisme hanya di miliki oleh bangsa Indonesia dan tak jarang yang menganggap bahwa bangsa inilah yang menemukan kata nasionalisme itu, saya pikir, kita "Indonesia" hanya salah satu bagian dari sejarah besar Paham Nasionalisme. Terimakasih

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel