Pengertian Serta 5 Tokoh Pendukung Sosialisme

Pada tulisan sebelumnya kita pernah membahas terkait Paham liberalisme, sekularisme dan nasionalisme maka kali ini saya akan memberikan paham baru untuk menjadi referensi baru untuk kita sekalian, yaitu Paham Sosialisme.

Sosialisme berasal dari kata 'socius' yang artinya 'masyarakat' jadi sosialisme adalah paham yang menghendaki terbentuknya suatu masyarakat yang tersusun secara kolektif. Dimana masyarakat dapat dikatakan bahagia jika dapat menikmati bersama, dalam hal ini sosialisme lebih menitikberatkan perjuangannya di kepentingan masyarakat banyak.

Sosialisme yang lahir atas reaksi kaum liberalisme pada abad 19, yang menginginkan kebebasan individu untuk berkreativitas dalam mencari keuntungan pribadi tanpa campur tangan pemerintah. Maka sosialisme kebalikan dari paham liberalisme di karenakan sosialisme merupakan suatu paham yang diberdayakan untuk memikirkan cara-cara demi mencukupi keperluan masyarakat agar dapat hidup layak.

Selebihnya paham sosialisme mendukung dan ingin menghidupkan suatu sistem ekonomi yang mengarah kepada kesejahteraan umum. Dan untuk mencapai kemakmuran bersama melalui usaha-usaha kolektif dan produktif. sosialisme memiliki pandangan kebebasan individu harus dibatasi dan mengedepankan pemerataan kesejahteraan bersama maka harus adanya campuran tangan pemerintah dalam hal ini. 

Tokoh Pendukung Sosialisme


Adapun tokoh-tokoh dunia yang mendukung dan secara langsung mempengaruhi pemikiran sosialisme sehingga berkembang di dunia sepanjang sejarah adalah sebagai berikut :

1. Frederich Engels

Engels adalah salah satu penganut sosialisme dari Inggris yang berjuang kuat menegakkan ideologinya bersama dengan seorang Karl Marx pada waktu itu, pemikirannya terkait sosialisme dapat dilihat dari bukunya yang berjudul Das Capital

2. Karl Marx

Sistem kapitalisme yang dilihat Marx telah menjadikan ekonomi terlalu penting dan manusia hanya dimanfaatkan oleh proses industrialisasi sekedar komoditi ekonomi yang menguntungkan middle class atau yang disebut Kaum Borjuis oleh Marx.

Dari atas keresahan itu Marx memunculkan perjuangan dan merencanakan perjuangan aturan kelas baru yaitu kaum proletar. Sebagian perjuangan penting dari Marx antara lain adalah menghapuskan hak milik atas tanah, alat- alat produksi milik negara dan penghapusan hak milik waris, dengan demikian Marx beranggapan perbedaan kelas tidak akan ada.

3. Francois Marie Charles Fourier

Mengemukakan dukungannya dengan mengatakan perlunya ada suatu wilayah tertentu yang memudahkan rakyat untuk saling berkomunikasi dan bekerja bersama, dimana dengan sistem ini lama kelamaan kehidupan rakyat menjadi seragam.

4. Robert Dale Owen

Robert Owen adalah pemikir utama sosialisme utopis, juga dianggap sebagai bapak gerakan koperasi dan Owen juga adalah pengusaha yang sukses. Robert Owen berpendapat untuk meningkatkan taraf hidup para pekerja, Robert Owen mengemukakan bahwa lingkungan sosial memiliki pengaruh dalam membentuk watak manusia, dengan demikian kesejahteraan hidup manusia atau pekerja perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Pemikiran Robert Owen ini tertuang dalam bukunya  A New View Society, An Essay on The Formation of Human Character terbit tahun 1813.

5. Henri de Sain-Simont

Saint Simont merupakan seorang tokoh sosialis dan juga seorang bangsawan yang memfokuskan dukungannya agar golongan pekerja dapat mengikuti apapun yang terjadi dalam perkembangan masyarakat, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan industri.

Pengertian Serta 5 Tokoh Pendukung Sosialisme

Demikian uraian singkat Pengertian Serta 5 Tokoh Pendukung Sosialisme sekaligus mempengaruhi paham sosial ini. Adapun pemikiran yang tertulis dalam tulisan ini hanya secarik kertas dari tebalnya buku sosialisme, maka dengan indahnya saya mempersilahkan kita untuk mencari lebih jauh terkait penjelasan sosialisme secara lebih mendalam lagi.

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel