Pengertian dan Penjelasan Lengkap Kliktivisme

Apa Itu Kliktivisme ? Kliktivisme adalah kata yang jarang di dengar oleh sebagian besar dari kita dan tahukah kita, kata Kliktivisme merupakan sebuah idiom baru yang merujuk pada kata "klik" dan aktivis dengan kata lain kliktivisme dapat di artikan sebagai pemanfaatan media sosial dan metode online lainnya untuk mempromosikan sesuatu.

Kata kliktivisme sendiri tidak terlepas dari sikap aktivisme namun yang membedakan keduanya ialah ruang pergerakannya, aktivisme melingkupi semua ruang gerak aktivis atau melingkupi secara umum sedangkan kliktivisme berada pada ruang khusus dalam gerakan aktivis yaitu gerakan lewat pemanfaatan digital atau media sosial.

Sebagian besar dari kita pasti pernah menerima sebuah undangan atau email yang mengajak kita untuk berpartisipasi di dalamnya, misalnya petisi online untuk menolak suatu hal, mendukung suatu hal atau mempromosikan sesuatu dan yang tidak kita sadari ialah kita sementara menjalankan aktivitas yang di sebut dengan kliktivisme itu sendiri.

Adapun contoh platform petisi online terbesar di dunia change.org yang menyatakan diri sebagai platform yang berkecimpung dalam wilayah pemanfaatan orang di semua negara untuk berpartisipasi dalam upaya memperjuangkan sebuah perubahan dari segi lokal, nasional maupun global. Platform ini telah banyak mengilhami beberapa perubahan yang dituntut oleh mereka, lewat cara memanfaatkan klik dalam petisi online dari 70 juta orang pengguna media sosial yang berada dalam lingkungan perjuangan mereka.

Di Indonesia sendiri perjuangan perubahan lewat kliktivisme mulai hidup mekar bersamaan dengan kehadiran chage.org sejak tahun 2012 sampai sekarang dan telah memiliki jutaan orang pengguna media sosial yang berpartisipasi dalam perubahan. Adapun tuntutan perubahan yang di usung lewat petisi online di Indonesia dan mendapatkan hasil maksimal seperti : Pertama, Menolak meloloskan calon hakim agung M. Daming karena melontarkan pernyataan "yang memperkosa dan yang di perkosa sama-sama menikmati kok" hasilnya meraih dukungan 11.018 orang dan setelah itu tidak ada satupun anggota Komisi III DPR yang memilihnya. Kedua, petisi online "jangan rusak Trowulan" penolakan berdirinya bangunan pabrik baja di wilayah situs candi Trowulan di Mojokerto dengan meraih 4.187 rb dukungan.

Petisi online seperti diatas begitu banyak dan beragam bentuk tuntutan perubahan lewat kliktivisme dan dari sebagian perjuangan di media sosial ini, adapun yang sukses meraih perubahan dan adapun yang dianggap gagal diperjuangkan. 

Pengertian dan Penjelasan Lengkap Kliktivisme

Namun bukan hanya itu yang menjadi titik persoalannya, bagi saya dengan adanya instrumen perjuangan dan pengawasan lewat paham kliktivisme, semestinya mempengaruhi kita dalam proses peningkatan kesadaran sosial dan tanggungjawab sosial, sebagaimana seorang warganegara perlu ditingkatkan kedua sisi tersebut, sebab instrumen kliktivisme ini mempermudah dan memperkaya ekspresi kita menyampaikan pendapat, aspirasi dan gagasan.

Awin Buton

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel