Tentang Bata Merah : Kelebihan, Kekurangan dan Tips Penggunaan

Ketika anda hendak membangun rumah atau bangunan tertentu, anda punya sederet pilihan tersedia. Anda bisa menggunakan bata merah, bata ringan atau batako. Namun, mengapa banyak orang memilih bata merah? Tentang bata merah, merupakan bahan bangunan yang sudah ada sejak jaman dahulu, dengan harga yang ekonomis dan memang mudah ditemukan dimanapun.

Proses membuat bata merah juga tidak mudah. Dibuat dari tanah liat, proses pembuatannya adalah dengan cara dicetak, lalu dibakar dengan kondisi suhu tinggi sampai berubah keras dan berwarna merah. Selain dicetak manual, teknologi mesin press kini hadir untuk mempercepat produksi.

Apa Saja Kelebihan Bata Merah ?


Ada banyak kelebihan yang bisa anda temukan dari material bangunan yang satu ini. Misalnya, ketika hendak memasang bata merah memang tidak membutuhkan skill khusus. Apalagi, ukurannya yang kecil akan sangat mudah mengangkut bata merah. Selain itu, bahan bangunan ini juga mudah dipasang di tempat yang sempit dan lebih mudah dipasang ketika membentuk bidang kecil.

Tidak hanya itu, tapi banyak juga orang yang memilih bata merah karena memang harganya yang jauh lebih ekonomis dan mudah untuk memperolehnya. Bahkan, ketika memasang juga tidak perlu menggunakan perekat khusus. Anda hanya membutuhkan pasir ayak serta semen. Untuk hasil terbaik ketika membuat dinding kedap air, pastikan menggunakan campuran semen dan pasir ayak dengan perbandingan 1:2 atau 1:3.

Untuk dinding yang tidak kedap air, perbandingan yang bisa anda gunakan adalah antara 1:4 atau 1:6. Kelebihan lainnya tentang bata merah adalah tahan panas. Sehingga, tentu bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap api.

Apa Saja Kekurangan Bata Merah ?


Hal menarik lainnya yang wajib anda ketahui tentang bata merah adalah mempelajai apa saja kekurangannya. Ketika memasang, tentu sangat menantang ketika hendak mendapatkan hasil yang rapi. Bata merah juga sangat terpengaruh oleh suhu, sehingga dapat menyerap panas ketika musim panas. Kemudian, akan menyerap dingin ketika musim dingin. Sehingga, bisa membuat suhu di dalam ruangan tidak stabil.

Karena menggunakan perekat berupa semen dan pasir yang lebih banyak, maka anda harus menyiapkan lebih banyak dana untuk memasangnya nanti. Selain itu, kualitas serta ukurannya juga terkadang kurang seragam. Sehingga, pemasangan tidak selalu rapi, bahkan menambah sisa.

Jika dibandingkan dengan batako atau bata ringan, memasang bata merah ternyata membutuhkan waktu yang lebih lama. Berat jenisnya juga lebih besar dibandingkan yang lain. Sehingga, bata merah bisa sangat membebani struktur penopang bangunan.

Kapan Harus Memilih Bata Merah ?


Dengan kelebihan dan kekurangan bata merah, ada baiknya untuk memahami seperti apa kebutuhan yang anda inginkan. Atau, ada baiknya untuk membicarakan dengan arsitek supaya dapat membantu mana bahan bangunan yang cocok sesuai dengan desain rumah.

Bata merah jadi pilihan fleksibel kalau anda ingin membangun atau merenovasi bangunan di tempat yang sempit. Bata merah juga ekonomis dengan tampilan yang menarik tanpa diplester. Kendati demikian, pastikan bahwa kamu juga bisa menerima tantangan yang cukup berat ketika memasang bata merah.

Memasang bata merah sangat menantang ketika menginginkan hasil yang sangat rapih. Sehingga, akan membutuhkan waktu pemasangan yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya, seperti bata ringan atau batako.

Itulah informasi yang dapat anda simak tentang bata merah. Keputusan memilih menggunakan bata merah tentu kembali pada kebutuhan masing-masing pribadi. Namun, sampai saat ini bata merah masih menjadi pilihan favorit bagi khalayak umum. 

Bata Merah : Kelebihan, Kekurangan dan Tips Penggunaan

Demikian Kelebihan, Kekurangan dan Tips Penggunaan Bata Merah Pelajari lebih lengkap tentang bata merah, mulai dari kelebihan, kekurangan, dan kapan harus memilih menggunaan bata merah untuk bangunan yang diinginkan. Anda juga dapat mempromosikan bata merah dengan membuat website di Jasa Website

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel