Pengertian, manfaat dan Apa itu Website

Teknologi membawa banyak manfaat yang bahkan justru bisa mengubah hidup, salah satunya adalah penggunaan internet dan website dalam berbagai kebutuhan. Apa yang anda ketahui tentang website?

Website adalah berbagai layanan yang bisa anda akses dari perangkat mobile atau desktop. Contohnya, Google, Tokopedia, Bukalapak, Twitter, Facebook, dan lainnya itu adalah website.

Pengertian Website

Jika dalam satu domain terdapat kumpulan halaman yang didesain untuk keperluan tertentu dan terus berhubungan serta bisa diakses melalui homepage di Google atau browser lainnya dengan menggunakan URL, maka itu adalah website.

Siapa yang membutuhkan website? Website bisa dikelola oleh individu, institusi, atau bahkan perusahaan. Selain itu, website digunakan sebagai cara untuk menyebarluaskan informasi atau topik tertentu. Ada juga website yang punya banyak topik atau informasi yang bervariasi, misalnya pada website berita.

Apa Saja Unsur Didalam Website 

Ada tiga unsur penting pada website, sehingga tanpa ada salah satu unsur, maka website tidak akan bisa diakses. Berikut adalah unsur yang harus anda tahu:

Domain – Domain merupakan nama atau merk. Domain yang unik tentu akan membuat siapapun akan lebih mudah mengingat sehingga akan mengunjungi kembali jika butuh informasi di kemudian hari.

Hosting – Hosting berperan untuk menyimpan seluruh database mulai dari teks, video, gambar, sampai script pada konten website anda. Ada banyak provider jasa hosting yang siap membantu supaya website anda juga bisa diakses dengan cepat.

Konten – Ini adalah bagian penting dimana konten digunakan untuk menyuguhkan informasi pada website, seperti teks, gambar, atau video.

Mengapa Harus Punya Website

Jika berbicara tentang website dan alasan mengapa anda harus punya website, tentu saja karena manfaatnya yang bahkan bisa mengubah hidup anda. Website punya banyak fungsi seperti untuk mengakses informasi, untuk belanja online, atau untuk promosi usaha.

Kegunaan website

1. Membangun Personal Branding

Personal branding adalah cara paling utama untuk mempromosikan potensi apa yang anda miliki. Misalnya, anda adalah seorang motivator, artis, seniman, atau lainnya, maka personal branding dengan memiliki website tentu akan membuat banyak orang bisa mengetahui apa saja hasil karya, informasi pribadi, atau lainnya tentang anda dari website yang anda kelola.

Personal branding ini tidak harus tentang tokoh publik atau individu. Tapi, personal branding menggunakan website juga bisa dilakukan untuk lembaga atau perusahaan. Fungsinya adalah untuk menarik minat banyak orang.

2. Membagikan Informasi dan Cerita

Banyak orang yang menggunakan website sebagai salah satu cara untuk berbagi informasi atau cerita. Informasi atau cerita juga bisa dibagikan dengan topic bervariasi, misalnya tentang parenting, teknologi, traveling, kuliner, tips keuangan, dan masih banyak lagi.

Biasanya, mereka yang berbagi cerita dengan menggunakan website adalah blogger atau traveler. Apalagi, saat ini banyak juga blogger yang mampu menghasilkan uang dari mengelola website.

3. Bisnis Online

Hal menggiurkan dengan mengetahui tentang website adalah bahkan kamu bisa menggunakannya untuk memulai bisnis online. Selain dengan menjadi seorang blogger, kamu juga bisa menjadi seorang influencer, sehingga mendapatkan banyak endorse untuk review produk. 

Sedangkan untuk jadi blogger, kamu bisa mendaftarkan website yang layak ke Google AdSense. Pilihan lainnya menggunakan website untuk mencari uang adalah dengan menjadi affiliate marketer yaitu dengan cara mempromosikan produk tertentu dari perusahaan lain. Atau, juga bisa dengan membuka toko online dan membuat website untuk mempromosikan seluruh produk yang kamu jual.

Itulah informasi tentang website dan apa saja yang dapat kamu manfaatkan dengan memiliki sebuah website. Tertarik untuk membuat website tertentu?

Itulah Pengertian, manfaat dan Apa itu Website Ketahui lebih lanjut tentang website dan bagaimana kegunaan website dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, dengan punya website, bisa merubah hidup anda. Anda juga dapat mempromosikan bata merah dengan membuat website di Jasa Website

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel