SEO ! Apakah Berpengaruh di Channel YouTube ?

Ada dua pendapat yang sering saya temukan pada video-video di channel youtube para youtuber yang membahas tentang cara mendapatkan banyak penonton di channel mereka. Ada dua pendapat yang berbeda yaitu ada sebagian youtubers yang mengatakan SEO youtube itu penting dan perlu diterapkan pada pengaturan channel dan diterapkan saat mengupload video dan ada sebagian youtuber yang tidak sependapat dan mengatakan bahwa SEO itu tidak terlalu penting melainkan menariknya video yang dibuat.

Apakah SEO penting untuk channel youtube ?


Ini pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh sebagian youtuber termasuk saya sebagai seorang youtuber pemula.

Saya memiliki pendapat yang menjadi benang merah atau menengahi kedua perbedaan pendapat di atas.

Bagi saya SEO itu penting diterapkan pada channel youtube, sama halnya dengan blog atau website yang sangat penting untuk menerapkan SEO. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu SEO, maka saya akan menjelaskan sedikit tentang SEO.

SEO (search engine optimization) merupakan sebuah ilmu yang digunakan pada blog.website termasuk saat ini diterapkan pada channel youtube untuk postingan atau video youtube mampu bersaing di pencarian google dan youtube. Teknik ini digunakan agar video seorang youtuber banyak mendapatkan penonton sehingga mampu mendapatkan penghasilan yang semakin meningkat.

Kembali pada topik pembahasan, SEO perlu diterapkan pada channel youtube kita dan SEO juga bisa tidak diterapkan pada channel youtube. Benar ada yang mengatakan SEO itu penting bagi seorang youtuber dan benar juga ada youtuber yang mengatakan SEO tidak penting. 

Ada yang menerapkan SEO mendapatkan banyak penonton dan ada yang tidak menrapkan SEO juga mendapatkan banyak penonton. Jadi di mana perbedaannya ? Perbedaannya terdapat pada tema video.

Bagi youtuber yang membuat tema bersifat umum seperti tutorial, tips dan trik maka perlu menerapkan SEO sebab banyak sekali persaingannya sedangkan bagi youtubers yang membuat konten dengan tema khusus seperti mancing belut, mancing ikan dan lain-lain maka tidak terlalu penting menerapkan SEO sebab sangat sedikit persaingannya.


Bisa anda lihat pada konten-konten unik seorang youtuber, mereka tidak perlu bersusah payah menerapkan SEO tapi banyak penonton di channel mereka.

Itulah yang saya katakan benar bagi youtuber yang mengatakan SEO penting bagi seorang youtuber dan SEO tidak penting bagi seorang youtuber juga benar adanya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel