Menjadi Blogger atau Youtuber ? Mulai Kewalahan

Pada tulisan ini saya akan sedikit menulis tentang apa yang dirasakan saat ini antara menjadi blogger atau youtuber ?

Menjadi seorang blogger merupakan pilihan saya beberapa tahun lalu, semua itu berawal dari hobi menulis dan mengetahui kalau dengan membuat blog dan menjadi seorang blogger kita dapat menghasilkan uang. Ya uang, namun bukan semata-mata karena uang sebab ada sebuah hobi menulis juga yang menjadi karakter.

Sekitar 5 tahun hingga saat menulis ini saya fokus membangun blog, bahkan ada beberapa blog sebelumnya dan sudah ada juga yang saya jual. Sampai saat ini saya tetap menjadi seorang blogger hanya dengan membangun satu blog Ato Menulis ini.

Zaman semakin berkembang hingga diikuti oleh perubahan yang makin moderen, ketika dulu orang-orang lebih banyak membicarakan blog dan website namun saat ini mulai beralih ke dunia youtube. Bahkan banyak sekali orang-orang yang mulai menjadi youtuber dengan membuat channel mereka. Mungkin fase ini dimulai ketika orang mulai malas membaca dan lebih senang menonton.

Bisa kita lihat pada banyak sekali channel youtube yang membahas tentang tutorial, tips, trik dan tema ilmu pengetahuan sehingga orang semakin senang untuk menonton dan mendapatkan banyak pengetahuan dari pada membaca.

Saat ini menurut pengamatan saya, banyak juga para blogger yang telah beralih menjadi youtuber termasuk saya sendiri. Bagi seorang blogger yang telah sukses berpenghasilan dari blognya mungkin akan baik-baik saja karena sudah mampu mempekerjakan penulis untuk membuat postingan di blog, dengan begitu dia akan fokus membangun channel youtubenya. Namun bagi blogger yang masih belum sukses seperti saya akan kewalahan untuk mengurus blog dan channel youtube. Ditambah lagi ada pekerjaan offline yang saya kerjakan.

Mulai kewalahan ! iya, disibukkan dengan pekerjaan offline, pikiran banyak terkuras belum lagi harus memikirkan konten video apa yang harus dibuat dan apa yang perlu ditulis pada postingan blog. Waktu, tenaga dan pikiran begitu terkuras.

Ada dampak nyata yang terlihat yaitu, postingan blog tidak lagi diupdate setiap hari, padahal sebelum fokus ke youtube, setiap hari selalu saja ada postingan terbaru. Belum lagi banyak waktu yang sering terpakai untuk pekerjaan offline.

Untuk saat ini saya mulai berpikir mau fokus ke mana blog atau youtube dengan kondisi saat ini. Jika diberi pilihan saya akan tetap memilih keduanya. Bagi saya saat ini merupakan tantangan untuk diri sendiri, bagaimana caranya kita mampu menjalankan keduanya yaitu blog dan channel youtube sambil sibuk dengan pekerjaan offline.


Intinya nikmati proses saat ini, hadapi tantangan saat ini dengan penuh ketenangan dan kerja keras demi hasil yang akan tidak pernah menghianati usaha. Tetap jalankan keduanya meski sering tidak terupdate setiap hari baik blog dan youtube. Tetap semangat para blogger dan youtuber Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel