Cara Atasi Gugup Berbicara di Depan Orang Banyak Dengan Mudah

Saya akan memulai paragraf tulisan tentang Cara Atasi Gugup Berbicara di Depan Orang Banyak Dengan Mudah ini dengan mengatakan Ala Bisa Karena Biasa. Ya, itulah yang saya terapkan pada diri selama belajar berbicara di depan orang banyak.

Gugup atau grogi merupakan sebuah sifat alamiah manusia yang pada dasarnya tidak akan pernah hilang. Sifat manusia ini akan tetap ada bagi siapa saja meskipun dia telah hebat berbicara di depan orang banyak.

Rasa gugup akan selalu ada ketika seseorang akan tampil atau berbicara di depan orang banyak. Kita hanya berusaha mengendalikannya dengan sebaik-baiknya sehingga tidak mengganggu penampilan kita atau bicara di depan orang banyak.

Baca juga : Menulislah Untuk Menyampaikan Jika Anda Malas Berbicara

Banyak orang-orang yang berkeinginan untuk mampu berbicara di depan umum dengan baik. Namun, terkadang mereka membendung keinginan mereka karena faktor gugup dan tidak mau membiasakannya. Padahal, selama terus belajar dan dibiasakan berbicara di depan banyak orang maka pasti akan bisa.

Cara Atasi Gugup Berbicara di Depan Orang Banyak


Ada cara yang dapat dilakukan untuk mampu berbicara di depan banyak orang dengan baik yaitu :

1. Berbicara sendiri

Berbicara sendiri di suatu tempat atau depan kaca merupakan bentuk latihan sebelum kita berbicara di depan umum. Anda dapat melakukan hal ini di rumah agar lebih nyaman untuk berlatih. Berbicara sendiri merupakan latihan mengucapkan apa yang akan kita sampaikan nantinya agar mulut kita akan terbiasa dengan kalimat-kalimat yang akan diucapkan.

2. Berbicara di depan orang yang kita kenal

Ada perbedaan rasa grogi ketika anda berbicara di depan orang lain dan orang yang sudah anda kenal sebelumnya. Rasa gugup akan lebih besar ketika berbicara di depan orang-orang yang belum kita kenal sebelumnya.

Oleh karena itu, latihan juga untuk tampil dan berbicara di depan orang-orang yang sudah anda kenal. Misalnya di rumah, latihan dengan adik, kaka atau orang tua anda sebagai pendengar dan anda sebagai pembicara atau dapat juga latihan bersama teman anda sebagai audiensi.

3. Pahami materi yang akan disampaikan

Salah satu faktor penyebab orang mudah gugup ketika berbicara di depan umum yaitu karena kurang paham terhadap tema yang disampaikan. Apa lagi ketika pendengar lebih tahu materinya dan bertanya atau menanggapi maka kita akan semakin grogi lagi dan hal ini menyebabkan kita menjadi buruk di depan umum.

Sebelum anda tampil, belajar dan pahami secara mendalam materi atau tema yang akan disampaikan sehingga anda lebih rileks dan mengurangi rasa grogi ketika berada di depan banyak orang.

4. Datang lebih awal ke lokasi

Salah hal yang sering saya lakukan selama ini yaitu selalu datang lebih awal ke lokasi atau tempat pertemuan sebelum mulai menyampaikan materi di depan umum. Hal ini membuat kita akan lebih baik dan tidak gugup sebab bagi saya adaptasi terhadap lingkungan sekitar itu sangat penting untuk kenyamanan diri.

Saya sering di undang untuk membawakan materi-materi kegiatan mahasiswa. Biasanya saya hadir 1 jam sebelum jadwal materi dimulai, dengan alasan saya akan beradaptasi lebih dulu dengan lokasi kegiatannya. Entah kenapa, hal itu mampu membuat saya lebih santai dan tidak grogi ketika menyampaikan materi di depan teman-teman mahasiswa. Anda dapat mencobanya untuk membuktikan apakah anda juga akan merasakan hal yang sama atau tidak.

5. Jangan melihat mata pendengar

Bagi anda yang baru berlatih untuk dapat berbicara di depan banyak orang agar hindarilah menatap secara langsung mata pendengar. Kita akan gugup ketika selalu melihat langsung ke mata pendengar. Apa lagi melihat mata lawan jenis yang cantik/ganteng. Namun bagi anda yang sudah terbiasa, akan baik-baik saja ketika menatap langsung mata pendengar.

Ketika awal belajar berbicara di depan orang banyak, saya menatap alis mereka bukan mata. Orang mengira saya menatap mata mereka padahal hanya alis di atas mata. Hal ini untuk mengurangi rasa gugup ketika berbicara di depan umum.

6. Atur pernapasan dengan baik

Biasanya ketika seseorang gugup, pernapasannya juga tidak stabil. Nah, ketika merasa gugup atau tiba-tiba gugup maka cobalah kendalikan diri dan atur pernapasan anda secara baik. Tarik nafas dan buang nafas secara perlahan. Jika gugup dan pernapasan kita tidak teratur maka dengan sendirinya bicara kita juga akan tersendat-sendat.

7. Perbiasakan berbicara di depan umum

Seperti yang saya katakan di awal tulisan, ala bisa karena biasa. Mungkin pertama kali tampil anda merasa sangat gugup. Namun, rasa gugup ini akan semakin terkendali dengan baik ketika anda telah terbiasa berbicara di depan umum.

Cara Atasi Gugup Berbicara di Depan Orang Banyak Dengan Mudah

" Jangan pernah takut gugup sebab itu proses alami agar dapat berbicara di depan orang banyak dengan baik "

Demikian 7 Cara Atasi Gugup Berbicara di Depan Orang Banyak Dengan Mudah yang dapat saya bagikan melalui tulisan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel